Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lapas Gandeng BP Batam Lakukan Skrining Kesehatan Warga Binaan
Oleh : Irwan
Kamis | 25-07-2024 | 10:44 WIB
test_kejiawan_lapas.jpg Honda-Batam
Lapas Kelas IIA Batam lakukan penyuluhan dan skrining kesehatan jiwa bagi Warga Binaan, Rabu (24/72024) (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Batam lakukan penyuluhan dan skrining kesehatan jiwa bagi Warga Binaan, Rabu (24/72024).

Bertempat di Klinik Pratama Lapas Batam, kegiatan ini berlangsung selama 2 hari diikuti 40 Orang Warga Binaan.

Kegiatan ini bertujuan mendeteksi risiko gangguan mental, seperti kecemasan, depresi, bipolar, gangguan makan, dan gangguan stres pascatrauma (PTSD).

Kalapas Batam, Heri Kusrita, mengatakan kegiatan ini merupakan kerja sama antara Klinik Pratama Lapas Batam dengan dengan Rumah Sakit Badan Pengawasan (RSBP) Batam .

Ia menyampaikan skrining awal kesehatan mental secara berkala perlu dilakukan, apalagi bila ada risiko mengalami gangguan mental.

"Risiko ini tidak bisa dianggap remeh karena masalah kesehatan mental yang tidak terdeteksi bisa menyebabkan buruknya kualitas kesehatan, bahkan bisa bunuh diri," terang Kalapas.

Sementara itu, tim Dokter Spesialis Kejiwaan RSBP Batam, dr. Ratna Istiastuti, Spkj, Mkes, menyebut kesehatan jiwa sangat penting bagi Warga Binaan.

Namun, sering kali kita menyepelekan mental seseorang, apalagi Warga Binaan sering dikucilkan oleh masyarakat.

"Jika ada yang terindikasi gangguan jiwa, kami harap dapat segera dilakukan pemeriksaan dan diberikan terapi lanjutan," pesan Ratna.

Editor: Surya