Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Christine Hakim Yakin Film Indonesia Mampu Go Internasional
Oleh : Redaksi/M
Senin | 15-10-2012 | 11:52 WIB
christine-hakim-batamtoday.jpg Honda-Batam
Christine Hakim, foto:Cineplax

JAKARTA, batamtoday - Setelah film The Raid berhasil mencuri perhatian dunia perfilman internasional, aktris senior Christine Hakim diketahui ingin mencoba membuat sesuatu yang lebih besar melalui sebuah ajang festival bertaraf internasional yaitu Balinale International Film Festival (BIFF) 2012. Christine berharap ajang tersebut bisa membuat Indonesia menjadi pusat perfilman terbesar di Asia.


Pagelaran tahunan yang sudah dilakukan sebanyak kali keenam tersebut, adalah sebuah perayaan seni sinema selama seminggu penuh yang menampilkan puluhan film dari berbagai genre seperti mainstream, independen, dokumenter maupun film pendek. Sampai saat ini, Balinale adalah satu-satunya festival film bertaraf internasional yang diadakan di Indonesia.

"Kita harus melihat pengalaman ketika Julia Roberts syuting untuk film Eat Pray Love di Bali pada tahun 2010, dimana banyak manfaat yang bisa kita ambil dari peristiwa tersebut. Mulai dari 300 orang sumber daya manusia kita yang ikut dipekerjakan, transfer ilmu dan meningkatnya sektor pariwisata sebanyak 30%. Tentunya dengan ajang Balinale ini, semoga saja Bali atau Indonesia bisa menjadi pintu gerbang yang lebih besar lagi," ujar Christine Hakim selaku Festival Founder/Honorary Advisor, dikutip dari Cineplax, Senin(15/10/2012).  

Meskipun Thailand, Vietnam dan Malaysia masih menjadi tujuan favorit dari pihak produsen film internasional dalam membuat, namun aktris kelahiran Kuala Tungkal, Jambi, 25 Desember 1956 ini merasa yakin kalau Indonesia bisa menjadi urutan pertama jika ada metode perizinan yang lebih mudah dari pihak pemerintah.

"Lewat festival ini kita juga turut mengundang para tokoh-tokoh besar perfilman dunia demi memaksimalkan promosi film lokal kita agar lebih dikenal. Banyak kok film Indonesia yang pantas untuk diperkenalkan di dunia internasional. Tapi hal itu kita juga harus imbangi dengan sumber daya manusia kita juga, makanya kita selain mengadakan eksibisi, kita juga melakukan proses alih ilmu melalui workshop-workshop tentang film," tambahnya.

BIFF 2012 akan digelar pada 22 hingga 28 Oktober 2012 di Cinema XXI Beachwalk, Kuta, Bali. Acara tersebut akan dibuka dengan World Premiere film besutan sutradara Fast and the Furious, XXX dan The Mummy: Tomb of the Dragon Emperor Rob Cohen, yang berjudul Alex Cross pada 19 Oktober. 

Selain itu, Film omnibus terbaru garapan sutradara Salman Aristo yang berjudul Jakarta Hati juga siap membuka ajang Balinale International Film Festival 2012 dan secara komersil akan mulai ditayangkan di bioskop pada tanggal 8 November 2012 mendatang.