Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

IMI Siap Gelar Berbagai Kejuaraan Balap Internasional di Sejumlah Daerah
Oleh : Irawan
Minggu | 21-07-2024 | 10:32 WIB
bamsoet_imi.jpg Honda-Batam
ketua Umum IMI Bambang Soesatyo saat memimpin Rapat Pleno IMI Pusat ke-3 Tahun 2024, di Jakarta kemarin (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Ketua MPR RI ke-16 sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo sedang mempersiapkan agar pada tahun 2025 nanti, IMI di berbagai daerah bisa lebih banyak lagi yang menjadi tuan rumah berbagai event balap internasional.

Selain NTB menjadi tuan rumah MotoGP, MXGP, dan Asia Road Racing Championship, serta Sumatera Utara sebagai tuan rumah Asia Pacific Rally Championship, World Rally Championship, F1H20 Power Boat, dan Aquabike Jetski World Championship, pada tahun 2025 nanti IMI Sulawesi Utara juga akan dipersiapkan menjadi tuan rumah salah satu seri MXGP of Indonesia 2025, bersama Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Sulawesi Utara juga sedang mempersiapkan Danau Tondano untuk dijadikan venue berbagai event balap. Antara lain Kejuaraan Nasional dan Internasional Aquabike Jetski, serta Kejuaraan Internasional F1H20 Powerboat. Tidak menutup kemungkinan IMI dari daerah lain juga akan menyusul menjadi tuan rumah, sehingga berbagai olahraga balap level nasional dan internasional akan tersebar di berbagai daerah," ujar Bamsoet dalam Rapat Pleno IMI Pusat ke-3 Tahun 2024, di Jakarta kemarin.

Hadir jajaran IMI Pusat antara lain, Ketua Dewan Pengawas sekaligus Plt Bendahara Umum Jeffrey JP, Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor Sadikin Aksa, Wakil Ketua Umum IT dan Digital Tengku Irvan Bahran, Wakil Ketua Umum Promosi dan Komersil Effendy Gunawan, dan Wakil Ketua Umum Organisasi M. Riyanto.

Hadir pula Deputi Olahraga Mobil Bagoes Hermanto, Deputi Olahraga Sepeda Motor Eddy Saputra, Deputi Mobilitas Adi Wibowo, dan Deputi Hubungan Antar Lembaga Erwin MP.

Ketua DPR RI ke-20 dan Ketua Komisi III DPR RI ke-7 bidang Hukum & Keamanan ini menjelaskan, selain MotoGP, MXGP, Asia Road Racing Championship, Formula E, Asia Pacific Rally Championship, dan World Rally Championship.

IMI juga sedang mempersiapkan agar di tahun 2025 nanti bisa mendatangkan lebih banyak event balap internasional.

Antara lain kejuaraan internasional Freestyle, Endurance, Drag Bike, Drag Race, Drifting, Slalom, hingga Air Race.

"Jalan panjang Indonesia menjadi tuan rumah World Championship Air Race (WCAR) sudah dirintis sejak beberapa tahun lalu. Harapannya pada tahun 2025 bisa terealisasi. Penyelenggaraan WCAR mampu menarik perhatian 268,6 juta penduduk dunia. Sekitar 30 pesawat dari 25 negara akan bermanuver di langit Indonesia. Dalam setiap penyelenggaraan di berbagai negara, WCAR mampu menarik 120.000 penonton yang datang langsung menyaksikan acara. Serta mendatangkan seribu lebih pilot dan official team," jelas Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI (Ormas Pendiri Partai Golkar) dan Kepala Badan Polhukam KADIN Indonesia ini menerangkan, selain mempersiapkan event balap nasional dan internasional, IMI juga sudah siap menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Kelengkapan administrasi dari IMI sudah lengkap dan tidak ada yang kurang. Agustus 2024 akan mulai koordinasi terkait keabsahan atlet.

"Selain balap motor road race dan balap motor grasstrack, yang sudah menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan dalam PON, IMI juga sudah menyiapkan olahraga bermotor Mini4WD (Tamiya) sebagai nomor cabang olahraga ekshibisi PON 2024. Mempertandingkan kelas IDC Tuned dan Kelas Pertandingan IOC. Harapannya pada PON selanjutnya, olahraga bermotor Mini4WD bisa menjadi cabang olahraga yang resmi dipertandingkan, tidak lagi berstatus ekshibisi," pungkas Bamsoet.

Editor: Surya