Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Timnas U-19 Raih Kemenangan 2-0 Atas Kamboja dalam Laga Lanjutan Grup A Piala AFF U-19 2024
Oleh : Redaksi
Minggu | 21-07-2024 | 09:04 WIB
tim,nas_Indonesia_lawan_kamboja.jpg Honda-Batam
imnas Indonesia U-19 berhasil meraih kemenangan atas Kamboja di laga Grup A Piala AFF U-19 2024 (Foto: Antara)

BATAMTODAY.COM, Surabaya -Timnas Indonesia U-19 berhasil meraih kemenangan atas Kamboja di laga Grup A Piala AFF U-19 2024. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (20/7/2024), Garuda Nusantara menang dengan skor 2-0 dari Kamboja.

Dua gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Kadek Arel pada menit ke-71' dan M Iqbal Gwijangge menit ke-86'. Hasil ini pun membuka peluang Indonesia melaju ke babak semifinal Piala AFF U-19 tersebut.

Sejatinya di babak pertama, Indonesia kesulitan untuk menembus pertahanan ketat yang dikembangkan Kamboja.

Sudah beberapa peluang dicoba oleh anak asuh Indra Sjafri melalui sayap, baik lewat kaki Afrizal dan di sisi kiri dan Arlyansyah di kanan menemui jalan buntu.

Indonesia gagal mencetak gol meski terus menyerang. Skor 0-0 tak berubah hingga babak pertama tuntas.

Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri mengakui bahwa anak asuhnya sempat kesulitan untuk membobol gawang Kamboja dalam lanjutan Grup A Piala AFF U-19 2024, Sabtu (20/7/2024) malam. Meskipun, hasil akhir Garuda Nusantara menang dengan skor 2-0.

Setidaknya gol bagi Indonesia baru tercipta di menit ke-71. Bahkan sampai dengan menit ke-70, Timnas U-19 Indonesia nampak kesusahan membongkar lini pertahanan dari Timnas Kamboja U-19. yang bermain dengan formasi 5-3-2.

Pada babak kedua, Indra Sjafri mengganti beberapa pemain. Arkhan Kaka ditarik keluar diganti Jens Raven.

Sampai akhirnya, gol yang ditunggu-tunggu pun tiba pada menit ke-71. Gol ini bermula lewat skema sepak pojok kemudian Kadek Arel mampu menunduk bola. Skor berubah jadi 1-0 keunggulan bagi Indonesia.

Selanjutnya pada menit ke-86, pemain belakang M Iqbal Gwijangge menggandakan keunggulan Indonesia menjadi 2-0. Skor tersebut bertahan hingga pertandingan berakhir.

"Tentu saya tetap mengapresiasi perjuangan para pemain. Walaupun mereka, saya pikir, saya sendiri,mereka sudah berjuang untuk bisa memenangkan pertandingan, walaupun sulit," kata Indra dikutip dari laman resmi PSSI, Minggu (21/7/2024).

Indra mengakui, pertandingan melawan Kamboja tidak mudah. Timnya dihadapkan pada strategi pertahanan yang cukup dalam dari Kamboja, sehingga membutuhkan kesabaran dan sirkulasi bola yang cepat.

"Karena yang kita hadapi tadi mereka itu bermain dengan tim deep defending, benar-benar butuh kesabaran, butuh sirkulasi bola yang lebih cepat," ucapnya.

Kemudian, Indra menyoroti persoalan kecil yang seharusnya tidak dilakukan oleh Timnas U-19 Indonesia. Seperti, kesalahan passing, kurangnya pemanfaatan lebar lapangan yang menjadikan permainan menjadi mudah diantisipasi.

Karenanya, di babak kedua, dia mengubah strategi dengan fokus pada serangan langsung ke dalam kotak penalti.

"Tapi di babak pertama kita banyak salah passing dan kita pergunakan lebar lapangan, yang biasanya kita overload di pinggir tapi mereka bisa tutup itu dan akhirnya di babak kedua kita ubah coba untuk bisa directly di dalam penalty area, dan ada dua gol terjadi di babak ke-2 dan ini perlu disyukuri," ungkapnya.

Kemenangan ini sekaligus membawa Indonesia menjadi pemuncak klasemen Grup A Piala AFF U-19 dengan nilai enam dari dua laga

Sementara Timor Leste dan Filipina berada di peringkat 2 dan 3 dengan masing-masing mengemas 3 poin.

Pada pertandingan terakhir hari Selasa (23/7/2024), Indonesia akan berhadapan dengan Timor Leste di tempat yang sama.

Editor: Surya