Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pengamanan PON XXI 2024, Kakorlantas Tekankan Pentingnya Informasi Berbasis IT
Oleh : Redaksi
Sabtu | 20-07-2024 | 14:24 WIB
PON-XXI-2024.jpg Honda-Batam
Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan, saat melakukan kunjungan kerja dalam rangka survei Pengawalan Rolakir PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Ditlantas Polda Aceh, Kamis (18/7/2024). (Humas Polri)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Aan Suhanan, menekankan pentingnya informasi berbasis IT dalam mengendalikan kegiatan operasi serta dukungan data yang akurat dalam pengamanan rute lalu lintas dan parkir (rolakir) PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Hal itu disampaikan Kakorlantas saat melakukan kunjungan kerja dalam rangka survei Pengawalan Rolakir PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Ditlantas Polda Aceh, Kamis (18/7/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Kakorlantas memberikan pengarahan kepada personel Ditlantas. Guna menunjang pemantauan pergerakan selama PON XXI Aceh-Sumut 2024, terdapat K3I (Kendali, Komunikasi, Koordinasi, dan Informasi).

"Semua berbasis IT. Kegiatan PON nanti akan terpusat di K3I kita sekaligus sebagai Command Center kita. Data itu penting, seperti data persimpangan, jumlah personel, data lampu merah, traffic light, dan jumlah rombongan yang melewati lokasi itu akan menentukan langkah kita," ungkap Irjen Pol Aan Suhanan, demikian dikutip laman Humas Polri.

"Mudah-mudahan dengan kunci ini, event nasional PON di Aceh bisa berjalan lancar, aman, dan sesuai dengan rencana yang kita harapkan," tambahnya.

Lebih lanjut, Irjen Pol Aan menegaskan bahwa pengelolaan manajemen media menjadi hal yang penting, mengingat banyaknya informasi yang harus disampaikan kepada masyarakat terkait PON XXI Aceh-Sumut 2024.

"Manajemen media penting. Dari sekarang sudah diinfokan kepada masyarakat bahwa nanti akan ada rekayasa lalu lintas. Informasikan melalui media kita karena masyarakat akan komplain ketika tidak tahu informasi, tiba-tiba tidak boleh masuk, tiba-tiba macet, dan lain sebagainya," tegas Irjen Pol Aan.

Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan bahwa presentasi kesiapan Ditlantas Polda Aceh terkait perencanaan yang baik mencapai 80% dari penentu keberhasilan. "Pak Dirlantas sudah mempersiapkan. Saya sudah menerima presentasinya karena perencanaan yang baik itu 80% menentukan keberhasilan. Persiapan kantong parkir terutama di venue utama, untuk kegiatan pembukaan ceremony, tolong diperhatikan betul saat kembali," ujar Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan.

Ia juga mengimbau agar semua pihak yang terlibat dapat berkoordinasi dengan baik, karena kunci keberhasilan suatu acara adalah kolaborasi dan sinergi semua pemangku kepentingan. "Kita sudah melaksanakan beberapa event nasional, lokal, dan internasional. Kita tidak bisa bekerja sendiri, kita harus berkolaborasi dan bersinergi dengan semua pemangku kepentingan," jelasnya.

Dalam hal ini, Polda Aceh sudah menunjukkan indikator yang baik untuk kolaborasi dengan melibatkan semua pemangku kepentingan yang dapat menyelesaikan tugas bersama-sama.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, Kasubdit Jemenopsrek Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Pol Ari Subiyanto, Kombes Pol Karsiman, Satuan Kerja Ditgakkum Korlantas Polri, Dirlantas Polda Aceh Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy, dan jajaran Ditlantas Polda Aceh.

Editor: Gokli