Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menparekraf Jajaki Peluang Kerja Sama dengan UNCTAD
Oleh : Redaksi
Jumat | 19-07-2024 | 14:44 WIB
Sandi-UNCTAD.jpg Honda-Batam
Menparekraf Sandiaga dalam pertemuannya dengan UNCTAD di Blue Room AB Building, Chem. des Colombettes 34, 1202 Geneve, Switzerland, Selasa (16/7/2024). (Kemenparekraf)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, menjajaki peluang kerja sama sektor ekonomi kreatif dengan United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD).

Menparekraf Sandiaga dalam pertemuannya dengan UNCTAD di Blue Room AB Building, Chem. des Colombettes 34, 1202 Geneve, Switzerland, Selasa (16/7/2024) mengapresiasi dukungan UNCTAD dalam pembentukan Resolusi PBB 78 sesi no A/RES/78/133, dalam mempromosikan ekonomi kreatif untuk pembangunan berkelanjutan.

Melalui dukungan UNCTAD tersebut, Menparekraf berharap dapat bekerja sama dengan UNCTAD dalam pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia. "Kami sangat mendukung kolaborasi UNCTAD dengan kementerian kami untuk mengimplementasikan poin dari resolusi-resolusi tersebut dalam pengembangan ekonomi kreatif," kata Menparekraf Sandiaga, demikian dikutip laman Kemenparekaf.

United Nations Conference on Trade and Development adalah badan antar pemerintah permanen yang dibentuk oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1964 yang berpusat di Jenewa. Organisasi ini adalah bagian dari Sekretariat PBB.

Menparekraf juga menyampaikan keinginan bekerja sama yang lebih erat untuk pengembangan Outlook Ekonomi Kreatif atau panduan komprehensif yang mengungkapkan perkembangan terbaru dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. "Jadi kami berharap laporan prospek ini dapat menjadi pedoman bagi kami," kata Menparekraf.

Pada kesempatan ini Menparekraf mengundang UNCTAD untuk hadir pada World Conference on Creative Economy (WCCE) pada 2-4 Oktober 2024 di Uzbekistan, juga undangan untuk hadir pada International Tourism Investment Forum (ITIF) 2025 yang akan diselenggarakan di Bali.

"Kami berharap perwakilan dari UNCTAD dapat menghadiri pertemuan tersebut secara langsung," kata Menparekraf.

Director of International Trade and Commodities, Luz ma de la Mora, menyampaikan bahwa pertemuannya dengan Menparekraf Sandiaga merupakan official agenda pertamanya setelah dilantik menjadi Director of International Trade and Commodities.

"Terima kasih Pak Menteri sudah meluangkan waktu untuk berbicara dengan kami, dan terima kasih undangannya pada acara WCCE dan ITIF," kata Luz.

Luz juga menyambut baik tawaran kerja sama yang disampaikan Menparekraf Sandiaga. "Terima kasih atas penawaran kerja sama yang sangat menarik. Semoga ada hal yang nantinya bisa kita kerja samakan," kata Luz.

Turut mendampingi Menparekraf, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Muhammad Neil El Himam.

Editor: Gokli