Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Trump Ditembak saat Kampanye, Nyawanya Selamat, Hanya Alami Luka pada Telinga Kanan
Oleh : Redaksi
Minggu | 14-07-2024 | 09:04 WIB
trump_ditembak_reuters.jpg Honda-Batam
Mantan Presiden Amerikat Serikat dan andidat presiden Partai Republik Donald Trump menjadi korban penembakan saat berkampanye di Pennsylvania pada Sabtu (13/7/2024) sore (Foto: Reuters)

BATAMTODAY.COM, Pennsylvania - Kandidat presiden Partai Republik Donald Trump menjadi korban penembakan saat berkampanye di Pennsylvania. Pelaku diduga merupakan penembak jitu. Trump selamat dan si penembak jitu tewas.

telinganya. Insiden penembakan itu juga menewaskan seorang penonton kampanye dan melukai dua lainnya. Pelaku diduga merupakan penembak jitu. Pelaku sendiri tewas oleh secret service.

"Setidaknya penonton dan pria bersenjata tewas setelah menembaki rapat umum Trump," ujar Jaksa Wilayah Butler County Richard Goldinger, Minggu (14/7/2024).

Goldinger mengatakan Trump baik-baik saja setelah dievakuasi oleh Secret Service. Kasus penembakan di tengah kampanye mantan Presiden Donald Trump di Butler, Pennsylvania, tengah diselidiki sebagai kemungkinan upaya pembunuhan.

Dilansir CNN, Minggu (14/7/2024), kasus penembakan di tengah kampanye mantan Presiden Donald Trump di Butler, Pennsylvania, tengah diselidiki sebagai kemungkinan upaya pembunuhan, menurut pejabat penegak hukum. Saat melancarkan aksinya, penembak

Berdasarkan keterangan berbagai sumber, penembak berada di luar lokasi kampanye Trump. Dua dari sumber tersebut mengatakan penembak berada di atap, di luar lokasi.

Berbagai sumber penegak hukum menyebut individu ini sebagai penembak jitu, meskipun rincian tambahan mengenai hal itu tidak jelas.

Goldinger mengatakan dia diberitahu oleh kepala detektifnya bahwa penembak berada di sebuah gedung yang berdekatan dengan properti tersebut dan tidak memiliki rincian tambahan tentang orang tersebut.

Dua dari sumber tersebut mengatakan penembak berada di atap, di luar lokasi. Berbagai sumber penegak hukum menyebut individu ini sebagai penembak jitu, meskipun rincian tambahan mengenai hal itu tidak jelas.

"Untuk itu diperlukan senapan. Jaraknya beberapa ratus meter," tandas Goldfinger.

Mantan presiden AS Donald Trump buka suara tentang penembakan yang dialaminya dalam sebuah rapat umum kampanye di Pennsylvania pada Sabtu (13/7/2024) sore waktu setempat.

Ia menyampaikan terima kasih kepada United States Secret Service dan semua penegak hukum atas "respons cepat" mereka.

"Yang paling penting, saya ingin menyampaikan belasungkawa saya kepada keluarga orang yang tewas dalam rapat umum tersebut, dan juga kepada keluarga orang lain yang terluka parah," ungkapnya dalam posting di situs media sosialnya, Truth Social.

Trump mengaku terkejut dengan insiden penembakan yang menimpa rapat umum kampanyenya. "Sungguh luar biasa bahwa tindakan seperti itu bisa terjadi di negara kita (AS). Saat ini belum ada yang diketahui mengenai pelaku penembakan, yang kini sudah tewas," tambah Trump, sebagaimana dikutip dari Sky News.

"Saya tertembak peluru yang menembus telinga kanan atas. Saya langsung tahu ada yang tidak beres, saya mendengar suara desingan, tembakan, dan langsung merasakan peluru menembus kulit," katanya.

Trump mengaku mengalami pendarahan di bagian telinga. "Banyak pendarahan yang terjadi, jadi saya menyadari apa yang terjadi. TUHAN MEMBERKATI AMERIKA!" tukasnya.

Suara tembakan terdengar tidak lama setelah Trump memulai pidato di rapat umum kampanye di Pennsylvania.

Editor: Surya