Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemprov Wacanakan Pembentukan Bank Daerah Kepri
Oleh : ron/dd
Jum'at | 12-10-2012 | 16:09 WIB

BATAM, batamtoday - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau telah memiliki wacana untuk membentuk Bank Daerah Kepri guna mendukung kebijakan  terhadap pertumbuhan ekonomi Kepri yang terus meningkat.


"Provinsi Kepri memiliki wacana Pembentukan Bank Kepri. Tapi ini baru wacana, belum usulan. Pemprov Kepri berkeinginan membentuk bank daerah yang 100% asetnya milik Pemprov," kata Amhar Ismail, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Kepri di sela-sela serah terima jabatan Kepala BI Batam pada Jumat (12/10/2012).

Dijelaskannya, pendapatan Provinsi Kepri sebesar Rp 5 triliun yang diperkirakan sudah mencukupi untuk membuat Bank Kepri. Sehingga rencananya, Bank Kepri bisa dibentuk dari tiga opsi pembentukan bank daerah yang ada yakni pembuatan bank baru, melakui skuisisi perbankan yang sudah ada maupun pemisahan unit usaha dari bank (spin off).

"Kita memperkirakan Bank Kepri tidak akan dibuat dengan pendirian bank baru mengingat keterbatasan modal awal yang dimiliki Kepri," terang Amhar.

Pemprov Kepri, lanjut Amhar akan memilih opsi mengakuisisi lembaga perbankan yang sudah ada, atau dengan pemisahan unit dari bank (spin off). Pasalnya untuk membuat bank baru persyaratan modal yang dibutuhkan mencapai Rp 3 triliun sementara mengakuisisi hanya membutuhkan sekitar Rp 500 miliar.

"Nanti wacana ini dikaji dulu, opsi apa yang cocok untuk pembentukan Bank Kepri," katanya.