Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Siapkan Dana Rp 47,5 Triliun

Perusahaan Asal Italia akan Bangun Kilang di Karimun
Oleh : si
Jum'at | 12-10-2012 | 12:59 WIB

JAKARTA, batamtoday - Setelah China membangun kilang penampungan minyak di Pulau Janda Berhias, Batam kini giliran PT Saipem Indonesia Karimun Branch (SIKB) asal Italia telah berkomitmen menanamkan investasi sebesar US$ 5 Miliar atau kurang lebih Rp 47,5 triliun di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.


Perusahaan yang bergerak dibidang Kilang dan pembangunan konstruksi Minyak dan Gas Bumi tersebut berencana untuk membangun Kilang Minyak di Karimun.

"Saipem merupakan Perusahaan Asing asal Italia, bergerak dibidang Kilang Minyak dan Konstruksi Migas, dan berkomitmen untuk menanamkan investasi melalui Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar US$ 5 miliar," kata Wakil Menteri ESDM, Rudi Rubiandini seperti dikutip dari detikfinance, Jumat (12/10/2012).

Dikatakan Rudi, investasi tersebut nantinya akan dibangun kilang minyak di Karimun. "Akan, Insyaallah bangun kilang di sini," ungkap Rudi.

Selain itu, PT Soma Daya Utama, akan berinvestasi untuk membangun pembangkit listrik dengan daya 50 Mega Watt dengan investasi sebesar Rp 850 miliar.

"PT Soma Daya Utama juga akan berinvestasi di Karimun untuk membangun pembangkit listrik dengan daya 50 mega watt dengan investasi sebesar Rp 850 miliar," tandas Rudi.

Jika hal itu tersealisasi, maka Indonesia akan memiliki 3 kilang minyak baru, saat ini sedang dibangun 2 kilang minyak di Bontang, Kalimantan Timur oleh PT Pertamina dengan Kuwait dan Pertamina dengan Saudi Aramco serta ditambah kilang yang dibangun Pemerintah melalui dana APBN dengan dana RP 90 miliar.