Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Idul Adha, Harga Sembako di Anambas Masih Normal
Oleh : emmi/dd
Rabu | 10-10-2012 | 18:19 WIB
sembako....jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

ANAMBAS, batamtoday - Jelang hari raya Idul Adha, harga sembilan bahan pokok di Kabupaten Kepulauan Anambas masih normal. Namun harga daging lokal tidak stabil, kadang mengalami kenaikan hingga Rp 20 ribu dan minggu terakhir September kembali normal.


"Untuk sementara ini sesuai dengan survey yang kita lakukan secara rutin dipasar, harga sembako masih normal hanya harga daging sempat naik Rp 20 ribu perkilo dari Rp 110 ribu per kilo pada minggu kedua September dan minggu keempat kembali normal dengan harga Rp 110 ribu per kilo," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindagkop UKM Pemkab Anambas, Nawarlis kepada wartawan, Rabu(10/10/2012).

Harga pasar normal diperkirakan karena saat ini aktivitas pelayaran lancar dan harga beli pedagang dari Tajungpinang juga nornal.

"Pedagang kita tergantung dari harga Tanjungpinang karena jika harga di sana naik secara otomatis harga sembako d isini juga naik apalagi jika sudah memasuki musim angin Utara biasanya terjadi kenaikan karena kapal kayu yang biasa membawa barang dagangan tidak berlayar karena ombak tinggi, itulah yang membedakan kita dengan daerah lain kalau di sini tergantung cuaca kalau bagus semua harga bisa normal," katanya.

Nawarlis menambahkan, untuk mengantisipasi kenaikan harga dalam waktu dekat Disperindagkop UKM akan melakukan bazar sembako murah. Bazar sembako tersebut dengan sasaran rumah tangga miskin sesuai dengan data yang diperoleh dari bagian ekonomi Pemkab Anambas.

"Mengantisipasi kenaikan harga, dalam waktu dekat ada bazar sembako murah. Dimana harga satu paket yang seharusnya Rp 114 ribu dijual kepada masyarakat Rp 35 ribu," katanya.