Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

WB Lapas Narkotika Tanjungpinang Ikuti Pelatihan Budidaya Jamur Tiram
Oleh : Devi Handiani
Senin | 10-06-2024 | 17:08 WIB
WB-Lapas2.jpg Honda-Batam
Pelatihan Budidaya Jamur Tiram warga binaan Lapas Narkotika Tanjungpinang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang melaksanakan Pelatihan Kemandirian Bersertifikat Bidang Agribisnis (Budidaya Jamur Tiram), Senin (10/06/2024).

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bintan.

Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang Warga Binaan (WB) dengan tujuan untuk memberikan bekal keterampilan dan pengetahuan di bidang agribisnis, khususnya budidaya jamur tiram. Pelatihan ini dilaksanakan selama 6 hari, dari tanggal 3 Juni hingga 10 Juni 2024, dengan jam kerja penuh.

Dalam sambutannya, Kalapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang menyampaikan apresiasinya kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bintan atas kerjasama dalam penyelenggaraan pelatihan ini.

"Kami berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi para WBP dalam meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mereka di bidang agribisnis," ujar Kalapas.

Pelatihan ini menghadirkan 2 orang instruktur/pengajar yang berpengalaman dalam budidaya jamur tiram. Para WBP tidak hanya diajarkan teori tentang budidaya jamur tiram, tetapi juga praktik langsung, mulai dari penyiapan media tanam, sterilisasi media tanam, hingga penebaran bibit jamur tiram.

Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini, para WBP dapat memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup untuk memulai usaha budidaya jamur tiram secara mandiri setelah mereka bebas dari Lapas. Hal ini sejalan dengan tujuan pembinaan Lapas, yaitu untuk membina dan membimbing WB agar menjadi manusia yang mandiri dan produktif.

Editor: Yudha