Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perhatikan Hal Ini Saat Ubah Lampu Mobil dari Halogen ke LED
Oleh : Redaksi
Rabu | 01-05-2024 | 19:32 WIB
Modifikasi-Lampu-Mobil2.jpg Honda-Batam
Modifikasi lampu mobil. (Dok Autovison/ detik.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Mobil-mobil keluaran baru banyak yang sudah dilengkapi LED. Lampu LED memiliki keunggulan dengan sinar lebih terang dan juga masa pakai yang lebih panjang. Bagi pemilik mobil yang masih menggunakan lampu halogen, bisa juga melakukan upgrade ke lampu LED. Begini tipsnya.

Pada umumnya kebutuhan penerangan untuk kendaraan harian di area perkotaan yang sudah ditunjang pencahayaan lampu jalan yang baik, idealnya sudah mencukupi dengan lampu bawaan standar bawaan pabrik.

"Sementara untuk mobil yang berkendara di area jalanan minim lampu penerangan, dapat menambah daya pencahayaan dengan memperhatikan arah penyinaran lampu utama yang tidak menyilaukan pengendara lainnya saat melintas di jalan raya," ujar Direktur Sampurna Part Niaga (SPN) Lily Hernawan dalam keterangan resminya.

Untuk upgrade lampu kendaraan dari bohlam Halogen dengan produk LED Headlight, pastikan jenis LED Chips yang kecil dengan posisi sesuai filamen pada bohlam Halogen dan pola hasil pencahayaan sesuai dengan kondisi awal. Upayakan aplikasi lampu tanpa harus mengubah dudukan lampu, instalasinya pun sebaiknya plug and play.

Sedangkan lampu dari jenis Halogen atau Projector standar ingin upgrade menjadi BiLED Projector, sebaiknya dibantu instalasi oleh profesional. Selain itu pastikan besaran daya dengan kapasitas aki kendaraan, serta penggunaan kelistrikan lainnya pada kendaraan tersebut. Langkah terakhir, pastikan lakukan pengetesan pola cahaya setiap penggantian lampu.

Proses pengecekan cahaya ini bisa dilakukan dengan bantuan alat pengukuran statis maupun alat khusus seperti headlight aimer yang sesuai standar perakitan kendaraan. Lebih dari itu, untuk upgrade lampu kendaraan, sebaiknya pilih produk yang yang berkualitas baik serta memiliki garansi produk serta sesuaikan dengan kebutuhan kendaraan.

"Harapan kami, konsumen dapat menggunakan produk dengan hasil maksimal, safety dan fungsional, dan juga tidak mengganggu kenyamanan kendaraan lain saat berkendara, khususnya dalam kondisi apapun, baik kurang pencahayaan atau malam hari hingga kondisi tertentu seperti saat hujan," tambah Lily.

Sumber: detik.com
Editor: Yudha