Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polda Kepri Beri Acungan Jempol untuk Kaum Buruh di Batam
Oleh : ali/dd
Kamis | 04-10-2012 | 12:05 WIB
kapolda-ym.gif Honda-Batam
Kapolda Kepri, Brigjen Pol Yotje Mende.

BATAM, batamtoday - Kepolisian Daerah Kepulauan Riau memberikan acungan jempol sebagai bentuk apresiasi kepada kaum buruh di Kepri, khususnya Batam yang telah menggelar demonstrasi secara damai dan kondusif pada Rabu (3/10/2012) kemarin.


"Kapolda Kepri, Brigjen Pol Yotje Mende menyampaikan terima kasih kepada segenap lapisan masyarakat, instansi terkait dan para buruh dengan terlaksananya unjuk rasa yang damai, aman dan tertib," kata AKBP Hartono, Kabid Humas Polda Kepri, Kamis (4/10/2012).

Menurut Kapolda Kepri, lanjut Hartono, kondusifitas dan tertibnya para buruh dalam menggelar demonstrasi kemarin, dapat mendukung dan menggairahkan dunia usaha di wilayah Kepri, khususnya Batam.

Seperti diberitakan sebelumnya, puluhan ribu buruh di Batam menggelar aksi nasional menuntut penghapusan outsourcing dan menolak upah murah. Demo tersebut digelar sejak pagi sekitar pukul 06.00 WIB hingga siang hari.

Menyikapi demo tersebut, Kapolda Kepri dalam apel siaga yang digelar di Lapangan Engku Putri meminta para petugas untuk melakukan tindakan yang terukur karena menurutnya tidak tertutup kemungkinan akan terulang kondisi yang sama.

"Menghadapi semua kemungkinan di lapangan, semua petugas saya minta berpikir tenang, jangan emosi," tegasnya.

Kapolda Yotje Mende antara lain mengatakan, sebagai aparat sudah menjadi kewajiban untuk melaksanakan pengamanan kegiatan demonstrasi.

"Melihat dari situasi, Insya Allah unjuk rasa akan dilaksanakan dengan baik," ujarnya.

Kendati demikian, dia menegaskan kepada para petugas untuk tetap memberikan pelayanan dan pengamanan yang baik kepada para demonstran maupun masyarakat yang tidak berdemonstrasi.

Dia meminta kepada para petugas untuk melakukan pengamanan unjuk rasa dengan bersikap persuasif dan menjadi mediator dalam membantu demonstran menyampaikan aspirasinya dengan baik.