Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Forum UMKM Kabupaten Karimun Fasilitasi UMKM Berorientasi Ekspor
Oleh : Freddy
Senin | 25-03-2024 | 16:36 WIB
Basori1.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan ESDM Kabupaten Karimun, Bashori. (Freddy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan ESDM Kabupaten Karimun membentuk wadah dengan nama Forum UMKM (Paguyuban UMKM) agar dapat lebih berkembang dan berorientasi ekspor.

Paguyuban UMKM Kabupaten Karimun ini sudah dideklarasikan keberadaannya, hanya menunggu waktu yang tepat untuk dilakukan pengukuhan.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan ESDM Kabupaten Karimun, Bashori mengatakan agar para pelaku UMKM dan koperasi dapat lebih maju dan berkembang serta bisa bersaing di tingkat internasional maka perlu dibentuk Ppaguyuban UMKM.

"Dalam forum UMKM ini terdapat berbagai unsur di dalamnya, antara lain Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan ESDM Kabupaten Karimun,Bea Cukai, Bank, Karantina, BPOM, Kementerian Agama pelaku UMKM serta stakeholder lainnya," ungkapnya.

Lanjut Bashori, melalui wadah forum UMKM tersebut nantinya para pelaku UMKM yang berorientasi ekspor ini akan dibantu dan difasilitasi serta diberikan kemudahan oleh forum UMKM sehingga pelaku UMKM dapat berkembang dan dapat bersaing di tingkat internasional.

"Gagasan membentuk forum UMKM ini awalnya dari Bea Cukai Tanjungbalai karena selama ini Bea Cukai cukup peduli dalam pengembangan perekonomian melalui pelaku UMKM," ujarnya.

Ungkap Bashori, melalui forum UMKM tersebut tentunya berbagai permasalahan yang dihadapi para pelaku usaha UMKM seperti masalah legalitas, sertifikat halal, kemasan produk dapat serta perizinan untuk ekspor dapat dicarikan solusinya.

"Semoga dengan terbentuknya forum UMKM ini , para pelaku UMKM maupun koperasi di Kabupaten Karimun akan semakin berkembang dan berorientasi kepada ekspor sehingga nantinya bisa bersaing di tingkat internasional," pungkasnya.

Editor: Yudha