Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buruh Mukakuning Bergerak ke Batam Center
Oleh : kli/dd
Rabu | 03-10-2012 | 11:59 WIB

BATAM, batamtoday - Sejak pukul 06.00 WIB berkumpul di lokasi Mukakuning, akhirnya pada pukul 11.00 WIB buruh bergerak menuju Batam Center tepanya gedung DPRD Batam dan Pemko Batam, Rabu (3/10/2012).


Sekitar 10 ribu lebih buruh dari kawasan Mukakuning bergerak menuju Batam Center. Pada barisan depan dipimpin oleh pasukan Garda Metal FSPMI dan diikuti buruh dari PUK masing-masing perusahaan yang ada di dua kawasan industri yakni Batamindo dan Panbil.

Suprapto, koordinator Garda Metal di lokasi mengatakan aksi demo nasional yang terjadi di kota Batam ini mengusung empat poin tuntutan. Keempat poin tersebut yakni penghapusan outsourcing, penolakan upah murah, berlakukan undang-undang PBJS Januari 2014 dan upah kelompok usaha harus dibayar.

"Tuntutan buruh dalam aksi demo ini hanya empat poin, dan harus segera dipenuhi oleh pemerintah maupun pengusaha," katanya.

Pantauan batamtoday di lokasi, setelah buruh bergerak ruas jalan dari arah Mukakuning menuju Batam Center berubah menjadi lautan manusia. Hampir semua ruas jalan terpenuhi oleh buruh maupun masyarakat umum yang sebelumnya terjebak macet.