Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polda Kepri Terjunkan 1.803 Pesonil Amankan Demo Buruh
Oleh : ali/dd
Selasa | 02-10-2012 | 18:12 WIB
KABIDHUMAS.jpg Honda-Batam
Kabid Humas Polda Kepri AKBP Hartono

BATAM, batamtoday - Polda Kepulauan Riau menerjunkan sebanyak 1.803 personil untuk mengawal demonstrasi buruh pada Rabu (3/09/2012) besok.


Ribuan personil ini, merupakan gabungan dari berbagai kesatuan Polri, termasuk dari Polsek dan Polresta Barelang. Jumlah ini belum termasuk anggota TNI, Ditpam dan Satuan Polisi Pamong Praja yang ikut serta dalam pengamanan aksi buruh di Batam.

"Sebelum mengawal aksi demontrasi, seluruh anggota yang diterjunkan akan mengikuti upacara gelar pasukan di Lapangan Engku Putri, Batam Centre pada pukul 06.00 WIB," ujar Kabid Humas Polda Kepri AKBP Hartono, Selasa (2/0 9/2012).

Hartono menegaskan, pihak kepolisian akan mengawal aksi buruh yang menolak upah murah sesuai dengan standar operasional dan prosedur (SOP) dan menuntut penghapusan sistem outsourcing baik dalam keadaan damai, maupun keadaan rusuh dan tidak kondusif.

"Pengawalan disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi di lapangan. Jika aksinya berjalan damai, kita akan kawal dengan anggota yang tidak dilengkapi senjata api. Namun bila aksi berjalan tidak kondusif, maka Korem 033 Wira Pratama, Bataliyon 134 dan Kodim 0316 Batam telah menyatakan kesiapan akan membantu pengamanan demonstran," ungkap Hartono.