Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Daftar Sementara Pebulutangkis Indonesia Lolos Olimpiade Paris 2024
Oleh : Redaksi
Selasa | 05-03-2024 | 17:56 WIB
antony-ginting143.jpg Honda-Batam
Anthony Ginting masuk dalam zona lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Badminton World Federation (BWF) merilis ranking terbaru Kualifikasi Olimpiade. Berikut daftar sementara pebulutangkis yang lolos Olimpiade Paris 2024.

Indonesia saat ini terus berusaha menambah wakil menuju Olimpiade Paris 2024. Seiring kualifikasi Olimpiade memasuki dua bulan terakhir, persaingan makin ketat.

Di nomor tunggal putra, Anthony Ginting dan Jonatan Christie masuk dalam zona lolos kualifikasi Olimpiade. Ginting ada di urutan keenam sedangkan Jonatan ada di peringkat sembilan.

Untuk nomor tunggal, sebuah negara bisa mengirim dua wakil ke Olimpiade bila keduanya ada di zona 16 besar. Jonatan masih punya keunggulan di angka 18 ribu dengan pebulutangkis di luar zona 16 besar. Kondisi itu membuat posisi Ginting dan Jonatan terbilang di atas angin untuk bisa lolos ke Paris 2024.

Sementara itu di nomor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung masuk dalam daftar zona lolos Olimpiade Paris 2024. Gregoria untuk sementara ada di peringkat ketujuh.

Tunggal putri kedua Indonesia, Putri Kusuma Wardani masih ada di urutan ke-31 dengan koleksi 38.990 poin. Putri KW tertinggal 16.430 dari zona 16 besar yang jadi syarat minimal Indonesia mengirim dua wakil di nomor tunggal putri.

Pada nomor ganda putra, saat ini baru Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang ada di zona lolos Olimpiade. Fajar/Rian saat ini ada di posisi kedelapan dalam ranking Race to Olympics.

Sedangkan dua ganda putra lainnya yaitu Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri ada di urutan ke-10 dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin ada di urutan ke-12. Untuk nomor ganda, sebuah negara baru bisa mengirim dua wakil bila keduanya ada di zona delapan besar.

Hal itu otomatis membuat Fajar/Rian, Bagas/Fikri, dan Leo/Daniel harus berjuang keras di seri Eropa. Fajar/Rian yang saat ini sudah berada di zona lolos juga masih belum bisa bersantai karena posisi mereka masih belum sepenuhnya aman untuk digusur, termasuk oleh rekan sendiri.

Di nomor ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva ada di urutan kesembilan Race to Olympics. Pada nomor ini, peluang Indonesia mengirim dua wakil terbilang berat lantaran Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi yang merupakan ganda putri nomor dua Indonesia masih ada di urutan ke-18.

Sementara itu di nomor ganda campuran, saat ini tidak ada wakil Indonesia yang berada di zona lolos Olimpiade. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang awalnya ada di zona lolos Olimpiade kini terlempar ke urutan 17.

Rinov/Pitha, juga Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja masih punya peluang untuk mengejar poin dan lolos ke Paris 2024. Syaratnya, mereka harus meraih hasil bagus di tur Eropa yang berlangsung saat ini.

Para pebulutangkis yang saat ini ada dalam zona lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024 ini pun masih harus berjuang di sisa kualifikasi Olimpiade untuk mempertahankan posisi mereka. Race to Olympics ditutup pada akhir April 2024.

Daftar Sementara Pebulutangkis Indonesia di Zona Lolos Olimpiade 5 Maret
1. Anthony Sinisuka Ginting
2. Jonatan Christie
3. Gregoria Mariska Tunjung
4. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
5. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha