Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Akomodasi Program Presiden Terpilih, Jokowi saat Rapat RAPBN 2025
Oleh : Redaksi
Senin | 26-02-2024 | 12:24 WIB
jokowi_b_jokowi5.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Presiden Joko Widodo (Foto: Setkab.go.id)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2025 (RAPBN 2025) akan disesuaikan dengan program-program calon presiden terpilih.

Hal itu disampaikan dalam sidang kabinet paripurna yang digelar di Istana Negara pada hari ini, Senin (26/2/2024). Dalam rapat tersebut, Jokowi bersama anak buahnya membahas sejumlah isu penting termasuk RAPBN 2025.

"RKP (Rencana Kerja Pemerintah) dan kebijakan fiskal adalah jembatan untuk menjaga keseimbangan pembangunan dan mengakomodasi program-program presiden terpilih hasil Pilpres 2024," ujarnya dalam rapat tersebut.

Rapat hari ini adalah sidang kabinet paripurna pertama setelah pemungutan suara Pemilu Serentak 2024.

Dalam sidang itu, Jokowi mengarahkan agar penyiapan RAPBN 2025 menunggu hasil pilpres resmi dari KPU. Pasalnya, APBN 2025 akan dijalankan oleh pemerintahan penerusnya.

Sidang tersebut juga membahas persiapan Ramadan dan Idulfitri dengan fokus stabilitas harga kebutuhan pokok dan distribusi bantuan sosial. Ia meminta para menteri memastikan harga kebutuhan pokok dengan baik.

"Saya minta utamanya menjaga persediaan pangan dan juga stabilitas harga pangan terutama bahan pokok dan juga percepatan pembagian seluruh paket perlindungan sosial dan jarlinsos," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga berpesan pemerintah dapat mengelola mudik tahun ini dengan baik.

"Cek betul persiapan infrastruktur dan moda transportasi yang akan digunakan mudik masyarakat. Saya kira ini tiap tahun kita persiapan karena ini event tahunan," terangnya.

Editor: Surya