Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Sejumlah Kota Besar di Indonesia Hari Ini
Oleh : Redaksi
Minggu | 18-02-2024 | 08:04 WIB
cuaca_ekstrem_b4.jpg Honda-Batam
Ilustrasi (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan terkait potensi cuaca ekstrem yang masih mengancam sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk beberapa kota besar di Tanah Air pada Minggu (18/2/2024) 2024) ini.

Hujan lebat dengan disertai petir dan angin kencang diperkirakan akan terjadi di sejumlah titik di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Selain itu, cuaca ekstrem tersebut juga berpotensi terjadi di wilayah Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, serta Papua.

Terkait dengan kondisi cuaca di sejumlah daerah, BMKG mengingatkan akan adanya potensi hujan petir di kota Jambi, Pangkal Pinang, Pekanbaru, dan Padang.

Sementara itu, sebagian kota lainnya dapat mengalami hujan intensitas sedang, seperti Pontianak, Palembang, serta potensi hujan ringan di Bandung, Surabaya, Banjarmasin, Palangka Raya, Ambon, Mataram, Jayapura, Manokwari, Mamuju, Makassar, Kendari, dan Medan.

Di sisi lain, cuaca di wilayah DKI Jakarta diperkirakan akan berawan atau cerah berawan sepanjang hari.

BMKG juga mengingatkan bahwa sejumlah provinsi berada dalam kategori waspada terhadap potensi dampak dari hujan lebat, seperti potensi banjir di Sumatera Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua.

Editor: Surya