Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Endipat Wijaya Rajai Perolehan Suara Kursi DPR Dapil Kepri, Disusul Rizki Faisal
Oleh : Irawan
Jum\'at | 16-02-2024 | 14:04 WIB
AR-BTD-3684-Endipat.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua DPP Partai Gerindra Endipat Wjaya, calon legislatif Dapil Kepri (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Perebutan kursi DPR RI di daerah pemilihan (Dapil) Kepulauan Riau (Kepri) berlangsung ketat. Penghitungan suara di dapil ini berlangsung menarik mengingat ada empat incumbent atau calon petahana yang turut berebut suara.

Keempat petahana Anggota DPR dari Dapil Kepri, adalah Asman Abnur (PAN), Cen Sui Lan (Partai Golkar), Nyat Kadir (Partai Nasdem) dan Sturman Panjaitan (PIDIP) justru tertinggal dari calon legislatif (caleg) muka-muka baru.

Sebut saja Endipat Wijaya dari Partai Gerindra, Soerya Respationo (PDIP), Rizki Faisal (Golkar) dan Randi Zulmariadi (Nasdem), serta Suryani (PKS).

Seperti diketahui, Dapil Kepri memperebutkan 4 kursi di DPR, yang akan diperiebutkan 7 kota/kabupaten, yaitu Kota Batam dan Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Karimun, Lingga, Anambas, dan Natuna.

Berdasarkan Hitung Suara Legislatif DPR 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Endipat merajai perolehan suara di Dapil Kepri.

Berikut hasil penghitungan suara sementara yang dimuat pemilu2024.kpu.go.id hingga pukul 13.02.27 WIB pada Jumat (16/2/2024). Adapun suara yang masuk baru 11, 36 persen atau 672 dari 5.14 TPS.

Pada posisi teratas atau peringkat pertama, Ketua DPP Partai Gerindra Endipat Wijaya memperoleh 12.134 suara, disusul Rizki Faisal dengan memperoleh 9.947 suara. Wakil Ketua I DPRD Kepri ini mengungguli, Anggota DPR petahana Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR ini memperoleh suara sementara sebesar 9.710 suara tersebut, berada di peringkat ketiga. Kemudian pada peringkat keempat Randi Zulmariadi, Ketua DPD KNPI Batam dengan perolehan 8.842 suara.

Randi bahkan mengalahkan perolehan suara Nyat Kadir yang langganan menjadi Anggota DPR dalam setiap pemilu. Nyat Kadir, Anggota Komisi VI DPR yang juga mantan Wali Kota Batam itu, baru memperoleh 5.888 suara.

Selanjutnya, pada pada peringkat 5 besar adalah Ketua DPD PDIP Kepri Soerya Respationo. Mantan Wakil Gubernur Kepri tersebut, mendapatkan suara sementara sebesar 6.752 suara.

Sedangkan Anggota DPR Sturman Panjaitan dari PDIP yang duduk di Komisi I DPR, yang membidangi pertahanan itu, baru mendapatkan 5.832 suara.

Sementara muka baru lain yang berpotensi menyodok perolehan suara adalah Suryani, politisi PKS mantan Anggota DPRD Priovinsi Kepri yang mendapatkan suara sementara 6.624 suara.

Nama lain yang berpotensi mendapatkan kursi adalah Sri Rezki dari Partai Gerindra dengan perolehan suara sementara sebesar 5.224 suara.

Lalu, ada politisi PKB Isdianto dengan 4.229 suara, kemudian tokoh pejuang Provinsi Kepri Huzrin Hood yang memperoleh suara sementara sebanyak 3,760 suara.

Terakhir, perolehan suara Anggota DPR Asman Abnur pada Pemilu 2024 ini terpuruk. Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi itu, baru mendapatkan sauara 3.749 suara.

Editor: Surya