Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kunjungan Bupati ke Kanwil DJBC Kepri, Munculkan Beragam Persepsi
Oleh : khn/dd
Jum'at | 28-09-2012 | 15:33 WIB
bupati-karimun.gif Honda-Batam
Bupati Karimun Nurdin Basirun.

KARIMUN, batamtoday - Kunjungan Bupati Karimun sesaat setelah makan siang bersama, di Kantor Wilayah Direktorat Jendral Bea dan Cukai, Kamis (27/9/2012) kemarin menimbulkan berbagai macam persepsi di kalangan wartawan.


Bahkan ada yang menduga, Bupati Karimun Nurdin Basirun  itu 'memiliki kepentingan' atas tertangkapnya 4 unit kapal tanker yang merugikan negara sebesar Rp221,52 Miliar tersebut.

Sesaat usai makan siang di Dermaga Ketapang Kanwil DJBC Kepri, tiba-tiba Bupati Karimun didampingi Sekda Karimun Anwar Hasyim, Kepala Bappeda Arif Fadillah serta sejumlah pejabat Setdakab Karimun datang ke Kantor DJBC.

Tidak diketahui tujuan rombongan Bupati ke Kanwil DJBC tersebut. Namun begitu rombongan sampai, langsung menuju tempat duduk Direktur Penindakan dan Penyidikan (P2) DJBC, Rahmat Subagyo.

Pembicaraan antara Bupati dengan Rahmat Subagyo, di ruang terbuka tersebut memakan waktu lebih dari 1 jam. Sehingga beberapa awak media menduga, pembicaraan tersebut memiliki keterkaitan dengan penangkapan 4 kapal tanker oleh Kanwil DJBC Kepri.

"Atau jangan-jangan Bupati dan rombongan menyampaikan titipan dari seseorang. Kalau kunjungan ini resmi, kenapa Bupati mengenakan baju kaos dan celana jeans dan langsung ke kursi Direktur P2. Ini kan aneh," ujar salah seorang awak media saat itu.

Namun, usai pertemuan Bupati Karimun, Sekda dan Kepala Bappeda malah menanyakan kedatangan sejumlah awak media lokal dan nasional di Kanwil DJBC tersebut.

"Dinde ngapain. Ada acara apa nih. Kok pada ramai wartawan-wartawan semue," ujarnya sembari menebar senyum yang khas tersebut.

Namun, pertanyaannya tersebut disambut para awak media dengan beragam pertanyaan dan sejumlah permintaan.

Di tempat terpisah, Asisten Sekda Karimun, Rijal menjelaskan bahwa kedatangan para rombongan Bupati ini untuk mengundang seluruh Kepala Kanwil DJBC yang pernah bertugas di Karimun, pada HUT ke - 13 yang jatuh pada 12 Oktober mendatang.