Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mayjen TNI Rafael Yakin Saka Wira Kartika Mampu Berkontribusi Jaga Kelestarian Alam
Oleh : Redaksi
Sabtu | 03-02-2024 | 18:46 WIB
Pangdam-Pramuka1.jpg Honda-Batam
Pangdam Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay menghadiri dan meresmikan Pelaksanaan Perkemahan Sabtu Minggu atau Persami. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Kota Batu - Pelaksanaan Perkemahan Sabtu Minggu atau Persami yang digelar di Buperta Coban Talun, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu smenjadi momentum tepat bagi Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay untuk membentuk pelajar yang cinta dan peduli akan lingkungan dan alam.

Kegiatan itupun menyita perhatian Pangdam. Bahkan, dengan didampingi istri, Pangdam menyempatkan diri untuk menghadiri dan meresmikan kegiatan tersebut.

Beberapa hal disampaikan oleh Pangdam dihadapan para pelajar yang tergabung dalam Saka Wira Kartika tersebut.

"Persami ini bukan hanya meningkatkan pengetahuan tentang Pramuka saja. Tapi, juga memberikan gambaran ataupun pemahaman tentang kesadaran terhadap lingkungan," ucap Mayjen TNI Rafael. Sabtu (3/2/2024).

Kepedulian terhadap alam, kata Pangdam, sudah menjadi kewajiban semua pihak. Bahkan, kesadaran itu harus dimiliki oleh semua lapisan masyarakat.

"Tanpa terkecuali, Pramuka ini juga berperan menjaga kelestarian alam," tegas Mayjen TNI Rafael.

Pramuka, imbuh Pangdam, merupakan sebuah wadah organisasi bagi para pemuda untuk meningkatkan karakter, dan wawasan kebangsaan. Bahkan, Mayjen TNI Rafael menyebut jika Saka Wira Kartika, saat ini memiliki peran dalam mengisi kemerdekaan yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

"Pramuka ini tempatnya pemuda yang memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat. Maka dari itu, mereka juga memiliki kewajiban untuk mengisi kemerdekaan," kata Pangdam.

Pangdam berharap, Persami yang berlangsung saat ini bisa dijadikan momentum bagi generasi muda, untuk lebih berperan aktif dalam menjaga kelestarian, persatuan dan kesatuan.

"Kegiatan positif ini, mudah-mudahan bisa terus digelar. Sebab, Pramuka ini mampu membentuk generasi muda yang peduli, bertanggung jawab dan mampu menjaga kelestarian alam," pinta Mayjen TNI Rafael.

Editor: Yudha