Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mendagri Tito Ditunjuk Sementara sebagai Pengganti Mahfud MD
Oleh : Redaksi
Sabtu | 03-02-2024 | 10:45 WIB
mendagri_tito_b5.jpg Honda-Batam
Mendagri Tito Karnavian (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Keppres pemberhentian Mahfud Md sebagai Menko Polhukam, hari ini. Jokowi lalu menunjuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai pengganti Mahfud.

"Pada hari ini, Jumat, 2 Februari 2024, Presiden telah menandatangani Keppres No 20/P Tahun 2024, yang berisi pemberhentian dengan hormat Bp. Mahfud Md sebagai Menko Polhukam," ujar Koordinator Staf Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan, Jumat (2/2/2024), melansir detikNews.

Ari menyebut sebagai pengganti Mahfud Md, Presiden Jokowi menunjuk Tito Karnavian sebagai Plt Menko Polhukam. Tito akan menjabat Plt Menko Polhukam sampai adanya Menko Polhukam definitif.

"Penunjukan Bapak Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menko Polhukam Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 sampai adanya Menko Polhukam definitif," jelasnya.

Kemudian, Ari memastikan bahwa kinerja Tito di Kemendagri tidak akan terganggu usai ia ditunjuk sebagai Plt. Menkopolhukam menggantikan Mahfud.

"Tidak (berpengaruh) saya kira. Sistem pemerintahan kita kan berjalan dengan baik ya. Selain itu, tentu saja Pak Tito akan dibantu oleh deputi-deputi Kemenko Polhukam yang ada, sehingga tidak akan ada kesulitan bagi Pak Tito untuk menjalankan fungsi sebagai Plt. Menko Polhukam," tutur dia.

Dengan sistem yang mendukung, menurut Ari, Tito akan mampu melanjutkan apa yang telah dibangun dan dijalankan oleh Mahfud MD di Kemenkopolhukam.

Pun demikian, Kemenkopolhukam di bawah kepemimpinan Tito tidak akan mengganggu penyelenggaraan pemilu 2024. Terlebih Tito sudah berpengalaman di bidang politik dan keamanan.

"Saya kira tidak ada kekhawatiran mengenai penyelenggaraan pemilu. Semua proses sudah berjalan dengan baik. Ada institusi penyelenggara pemilu, Kementerian Dalam Negeri sudah bekerja dan berjalan dengan baik. Kemenko Polhukam juga selama ini sudah menjalankan fungsinya dengan baik," ujar Ari.

Presiden Joko Widodo menyebut bahwa Keputusan Presiden (Keppres) imbas mundurnya Mahfud Md dari kursi Menkopolhukam sudah diteken.

Hal ini disampaikannya usai menghadiri agenda peresmian pembukaan Kongres XVI Gerakan Pemuda Ansor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/2/2024).

"Ya kemarin [Mahfud Md] sudah menyampaikan surat pengunduran diri kepada saya dan pagi hari ini keppres kami siapkan," ucapnya kepada wartawan.
Lebih lanjut, Kepala Negara meminta waktu sekitar 2-3 hari untuk menentukan nama yang akan mengisi posisi Menko Polhukam selanjutnya.

Penyebabnya, orang nomor satu di Indonesia itu mengatakan bahwa pertemuannya dengan Mahfud Md yang merupakan Menko Polhukam Ke-14 itu pun baru terjadi kemarin, Kamis (1/2/2024) sore.

"Belum [ada nama pengganti], kan masih kemarin sore [baru bertemu], beri waktu sehari dua hari tiga hari lah," ujarnya.

Sebelumnya pada Kamis (1/2/2024) sore, Mahfud MD bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta. Pada pertemuan itu, Mahfud menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menko Polhukam.

Editor: Dardani