Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

50 Lembar Jawaban CPNS Anambas Tak Terbaca Alat Pemindai Kemenpan
Oleh : emmi/dd
Kamis | 27-09-2012 | 16:23 WIB
tes_cpns.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

ANAMBAS, batamtoday - Sebanyak 50 lembar jawaban hasil tes tertulis seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Anambas, yang digelar beberapa waktu lalu tidak terbaca oleh peralatan pemindai dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara.

 
Bupati Anambas, Tengku Mukhtaruddin meminta kepada Kemenpan agar melakukan pemeriksaan ulang atas hasil lembar jawaban peserta tes sebelum pengumuman Tes Kompetensi Dasar (TKD) dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

"Untuk Kabupaten Anambas, ada lebih kurang sebanyak 50 peserta yang hasil tes tertulisnya tidak bisa dibaca oleh alat pemindai Kemenpan. Oleh sebab itu, saya sudah meminta agar dilakukan pemeriksaan ulang," kata Tengku Mukhtaruddin kepada wartawan, Kamis (26/9/2012).

Bupati menambahkan, kasus seperti ini tidak saja terjadi untuk Kabupaten Anambas. Akan tetapi, hampir seluruh kabupaten kota yang menyelenggarakan tes CPNS yang bernasib yang sama. Tengku juga menjemin, tes CPNS di Anambas tahun ini tidak ada kecurangan sama sekali.

"Saya jamin, tes CPNS di Anambas tahun ini murni dari hasil kemampuan masing-masing peserta. Selain itu, kita juga akan bersikap transparansi sehingga tingkat kecurangan dapat diminimalisir dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab," katanya lagi.

Tengku juga mengatakan, bagi peserta yang mengikuti tes tertulis kompetensi dasar, saat ini sudah dapat melihat nilainya masing-masing dengan mengungjungi website www.menpan.go.id. Di situs tersebut terlihat jelas berapa nilai yang diperoleh peserta.

Ketika disinggung berapa standar nilai passing grade yang akan ditetapkan dalam tes CPNS tahun ini, Tengku mengaku belum mengetahuinya. Menurutnya, standar nilai passing grade ditetapkan oleh Kemenpan bukan dari daerah. 

"Menpan yang menetukan standar passing grade. Daerah hanya selaku pelaksana," tutur Tengku.

Bupati menambahkan, sampai saat ini dirinya belum mendapatkan informasi dari Menpan kapan akan diumumkannya hasil tes kompetensi dasar. Ia menghimbau kepada seluruh peserta tes, untuk dapat bersabar hingga pengumuman.

"Saya meminta kepada seluruh peserta yang ujian agar bersabar menunggu hasil pengumuman," katanya.