Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liga Primer Inggris

Liverpool Tumbang di Kandang West Ham United
Oleh : Hendra Zaimi
Senin | 28-02-2011 | 10:41 WIB

London, batamtoday - Perjuangan Liverpool untuk merangsek ke Zona Champions semakin terjal setelah menelan kekalahan 3-1 dari West Ham United di Stadion Upton Park dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Minggu, 27 Februari 2011 malam WIB.

Liverpool mengawali pertandingan ini dengan baik. Mereka mampu mendominasi permaian sepanjang 20 menit. Hanya saja, peluang yang dibangun kandas ketika berada di jantung pertahanan tuan rumah.

Setelah itu, pemain tuan rumah mulai bisa mengendalikan permainan. Pada menit ke-22, West Ham akhirnya unggul melalui gol Scott Parker setelah menerima umpan dari Thomas Hitzlsperger, dan selanjutnya menaklukkan Pepe Reina.

Sukses menjebol gawang Liverpool menumbuhkan kepercayaan diri pemain West Ham. Serangan demi serangan pun dibangun untuk memperbesar keunggulan mereka. Namun Reina tampil cukup bagus guna mementahkan peluang itu.

Menjelang babak pertama usai, West Ham berhasil menggandakan keunggulannya melalui tandukan Demba Ba yang menyambut umpan silang Gary O'Neil dari sisi kanan. Skor 2-0 ini bertahan hingga pertandingan babak pertama usai.

Di babak kedua, Liverpool berusaha bangkit untuk mengejar ketertinggalannya. Namun West Ham yang mempunyai motivasi tinggi beberapa kali memberikan ancaman di barisan belakang Liverpool.

Pada menit ke-62, kiper Robert Green dipaksa bekerja keras untuk mementahkan peluang yang diperoleh Luiz Suarez hasil kerja sama dengan kapten tim Steven Gerrard. Perlaha-lahan, Liverpool mulai menguasai permainan.

Green kembali harus berusaha keras menepis tendangan keras Gerrard yang hanya menghasilkan tendangan penjuru di menit ke-74. Aksi Gerrard ini mulai membuat pemain dan fans West Ham kuatir. Bahkan, fans West Ham selalu mencemooh Gerrard bila sedang menggiring bola.

Usaha Liverpool untuk mengejar ketertinggalannya membuahkan hasil di menit ke-84. Suarez berhasil mengirimkan umpan matang kepada Glen Johnson yang diselesaikan dengan baik oleh bek the Reds itu.

Namun, harapan tim tamu untuk menyamakan kedudukan menjadi sirna setelah pemain pengganti Carlton Cole memastikan West Ham unggul 3-1. Satu menit setelah masuk menggantikan Ba, Cole menghujamkan bola ke gawang Reina pada masa injury time, sekaligus memastikan kemenangan 3-1.

Kekalahan ini tentunya sangat merugikan bagi The Reds yang sedang berusaha memperbaiki posisi di klasemen sementara. Kegagalan mendulang angka penuh membuat Liverpol tertahan di peringkat enam klasemen dengan nilai 39.

Di lain sisi, kemenangan ini disambut meriah suporter West Ham. Paasalnya, The Hammers berhasil menanggalkan status juru kunci klasemen, karena mereka naik ke peringkat 18 dengan nilai 28. Penghuni dasar klasemen kini ditempati Wigan Athletic yang berselisih satu angka.