Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Miliaran Rupiah untuk Bangun Garbarata dan Toilet di Hang Nadim
Oleh : ali/dd
Rabu | 26-09-2012 | 12:26 WIB

BATAM, batamtoday - Bandara Hang Nadim Batam akan segera membangun dua garbarata atau gerbong penumpang menuju pesawat dan merenovasi dua toilet dengan anggaran miliaran rupiah.


"Dari dua garbarata yang direncanakan, baru satu yang disetujui dengan anggaran satu garbarata mencapai Rp9 miliar," kata Kepala Bidang Humas dan Publikasi BP Batam Ilham Eka Hartawan kepada wartawan, Rabu (26/09/2012).

Dijelaskannya, besarnya anggaran yang dikeluarkan untuk garbarata ini dilihat dari tingkat keamanan dari garbarata. Garbarata nantinya terbuat dari kaca serta anggaran tersebut juga sudah termasuk dengan pelatihan operator yang akan menjalankannya.

Selain itu, bandara juga telah merenovasi dua toilet yang berada di luar terminal Bandara Hang Nadim Batam yang teranggarkan cukup besar yakni sebesar Rp330 juta oleh BP Kawasan. Pengerjaan dua toilet tersebut diperkirakan rampung akhir Oktober ini.

"Angggarannya dipergunakan untuk perbakikan wastafel, keramik dan saluran air," kata Ilham kembali.

Dikatakannya, dari 46 toilet yang dajukan untuk perbaikan, hanya dua toilet yang direnovasi dan 44 toilet lannnya yang tersebar di Bandara menunggu anggaran tahun 2013 mendatang.

Kabid Keuangan dan Umum Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso menuturkan toilet yang berada di Bandara Hang Nadim Batam mengalami kebocoran sehingga sering terjadi genangan di area toilet.

Akibat air tergenang, menurutnya ada beberapa toilet yang tidak dapat difungsikan akibat salurannya tersumbat.

"Sudah beberapa kali kita ajukan  perbaikan ke BP Kawasan, tapi baru dua toilet yang terealisasi. Mungkin perbaikannnya bertahap,” tutur Suwarso.

Suwarso berharap dengan adanya perbaikan tersebut, pengunjung Bandara Hang Nadim Batam bisa mempergunakan toilet dengan nyaman.

Pantauan di lokasi, dua tolilet yang masih dalam perbaikan di tahun lalu juga direnovasi dengan masalah yang sama.