Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Fajar/Rian Kalah, Wakil Indonesia di Malaysia Open Habis
Oleh : Redaksi
Jumat | 12-01-2024 | 18:12 WIB
fajar-rian115.jpg Honda-Batam
Fajar/Rian kalah di babak perempat final Malaysia Open 2024.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kalah dari unggulan pertama, Liang Weikeng/Wang Chang dengan skor 21-15, 17-21, 18-21 di babak perempat final Malaysia Open, Jumat (12/1). Indonesia tak punya wakil di semifinal Malaysia Open.

Duel Fajar/Rian vs Liang/Wang berjalan sengit sejak gim pertama dimulai. Beberapa kali terjadi poin sama kuat mulai dari 4-4, 5-5-, 6-6, hingga 7-7.

Pada kedudukan 8-8, Fajar/Rian lalu tampil lebih apik dalam penyerangan. Mereka bisa menutup interval dengan keunggulan 11-8 lewat raihan tiga poin beruntun.

Selepas interval, smes keras Rian di depan net jadi pembuka poin bagi Fajar/Rian. Hal itu lalu disusul oleh poin berikutnya sehingga Fajar/Rian bisa menciptakan selisih lima angka pada kedudukan 13-8.

Defense dengan pengembalian silang dari Fajar lalu membuat Fajar/Rian bisa mempertahankan selisih lima angka pada kedudukan 14-9. Liang/Wang tidak tinggal diam pada kondisi tersebut.

Serangan yang mereka lancarkan berhasil memperkecil selisih poin menjadi dua angka pada kedudukan 12-14 dan berlanjut menjadi 13-15.

Servis fault dan pukulan yang melebar dari ganda China tersebut lalu menghasilkan dua poin beruntun bagi Fajar/Rian, 17-13. Fajar/Rian kembali memperbesar selisih angka menjadi lima setelah smes Liang Wekeng membentur net.

Liang Weikeng kembali melakukan kesalahan karena tidak bisa mengembalikan pukulan Rian. 19-13 untuk Fajar/Rian.

Fajar/Rian meraih mgame point di angka 20-14 setelah pukulan Wang Chang memanjang keluar. Fajar/Rian lalu merebut gim pertama dengan skor 21-15 setelah pukulan Fajar masih masuk di dalam lapangan.

Setelah merebut gim pertama, Fajar/Rian berhasil mempertahankan momentum bagus di awal gim kedua. Mereka bisa memimpin 4-1 dan berlanjut menjadi 6-2.

Walaupun Liang/Wang mulai memberikan tekanan, Fajar/Rian bisa unggul 10-7. Fajar/Rian lalu menutup interval dengan keunggulan 11-7 setelah pukulan Wang Chang memanjang keluar.

Selepoas interval, Liang/Wang menggebrak dan langsung merebut empat poin yang membuat kedudukan jadi sama kuat, 11-11. Liang/Wang akhirnya berbalik memimpin 13-12 setelah memenangkan adu drive lawan Fajar/Rian.

Fajar/Rian kemudian membalas dan menyamakan angka 13-13. Skor imbang kembali terjadi pada kedudukan 14-14 dan 15-15.

Pukulan Wang Chang yang membentur net dalam adu drive membuat Fajar/Rian unggul 16-15. Namun skor kembali imbang setelah Fajar gagal menyeberangkan shuttlecock.

Fajar langsung membalas kesalahan tersebut di permainan berikutnya. Pukulannya di sela-sela Liang dan Wang menghasilkan poin. Wang Chang kemudian mendapat poin lewat sambaran di depan net. Skor kembali imbang 17-17.

Liang/Wang lalu unggul 18-17 juga lewat ketangkasan Wang Chang di depan net. Servis Wang Chang yang mengecoh Fajar membuat ganda China ini menambah poin jadi 19-17.

Liang/Wang bisa memanfaatkan momentum dengan baik. Mereka dengan cepat merebut dua poin dan memenangkan gim kedua dengan skor 21-17.

Memasuki gim penentuan, giliran Liang/Wang yang bisa mencatat start impresif. Mereka bisa memimpin 6-2 atas Fajar/Rian.

Fajar/Rian berusaha mengejar namun mereka masih tertinggal empat angka pada kedudukan 6-10. Fajar/Rian lalu tertinggal lima angka, 6-11 saat interval.

Alur permainan belum berubah ketika pertandingan berlanjut. Liang/Wang masih bisa mempertahankan selisih lima angka di kedudukan 14-9.

Dalam kondisi tersebut, Fajar/Rian bisa merebut tiga poin dan mendekat di angka 12-14. Namun Liang/Wang bisa menghentikan poin beruntun lewat smes keras Liang Wang di depan net.

Setelah momen itu, Liang/Wang bisa merebut dua angka berikutnya. Liang/Wang kembali mdenjauh di angka 17-12.

Fajar/Rian berhasil merebut dua poin beruntun tetapi pukulan Rian di kesempatan berikutnya membentur net. Skor berubah jadi 18-14 untuk Liang/Wang.

Pengembalian silang dari Rian membuat Fajar/Rian merebut poin ke-15. Fajar/Rian kembali berusaha mendekat di angka 15-18.

Namun Liang/Wang berhasil merebut match point di angka 20-16. Fajar/Rian merebut poin ke-17 setelah servis Wang Chang dinyatakan foul. Poin ke-18 lalu didapatkan Fajar/Rian setelah memenangkan adu drive lawan Liang/wang.

Sayangnya, servis Rian yang keluar membuat Liang/Wang memenangkan laga dengan skor 21-18.

Kekalahan Fajar/Rian membuat Indonesia tak memiliki wakil di babak semifinal Malaysia Open.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha