Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Optimalkan Pengawasan dan Audit Keuangan

Pemko Tanjungpinang dan Bintan Teken MoU e-Audit dengan BPK
Oleh : chr/dd
Rabu | 26-09-2012 | 09:31 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Untuk mengoptimalkan serta mengefektifkan pengawasan dan audit pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah, Pemerintah Kota Tanjungpinang dan Pemerintah Kabupaten Bintan melaksanakan penandatangan nota kesepahaman (MoU) petunjuk teknis pengembangan dan pengelolaan sistem informasi untuk akses data pemeriksaan pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara bersama BPK Perwakilan Provinsi Kepri.


Penandatangan MoU audit secara elektronik itu dilakukan Wali Kota Tanjungpinang Suryatati A Manan didampingi Plt Sekda Suyatno,AMP, serta Bupati Bintan Ansar Ahmad yang didampingi Sekda Bintan Lamidi, di gedung BPKP Kepri-Batam, Selasa (25/9/2012).

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kepri Drs Parna MM mengatakan, penandatanganan MoU ini dilakukan, untuk mengefisiensikan waktu dan mengefektifkan pengawasan atas dugaan penyelewengan yang terjadi pada pengelolaan keuangan daerah.  

"Dengan adanya sistem audit secara elektronik ini, kedua belah pihak akan saling diuntungkan. BPK sendiri akan  dapat melakukan pemeriksaan lebih cepat dengan cakupan pemeriksaan lebih luas, serta biaya pemeriksaan akan lebih hemat," jelasnya.

Pemerintah daerah, tambah Parna, atas adanya kemungkinan terjadinya penyimpangan keuangan, akan lebih cepat diketahui, lebih menghemat waktu pemeriksaan, serta lebih efisien dan efektif.

"Sistem ini akan menjadi kertas kerja yang hanya digunakan untuk kepentingan pemeriksaan pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah saja,' ujarnya.

Sementara itu Walikota Tanjungpinang Suryatati A manan mengatakan, dengan adanya sistem ini, maka daerah akan merasa terbantu dan berharap Tanjungpinang nantinya juga bisa mencapai Sistim pelaksanaan keuangan dengan peringkat Wajar Tanpa pengecualian (WTP) seperti daerah lain. 

"Hal ini, akan menjadi motivasi, agar pengelolaan keuangan daerah khususnya Tanjungpinang dapat berjalan lebih baik lagi ke depan," ujarnya.