Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Survei CSIS, Elektabilitas Prabowo-Gibran Unggul 43,7 Persen
Oleh : Redaksi
Rabu | 27-12-2023 | 19:00 WIB
Ilustrasi-3paslon.jpg Honda-Batam
Elektabilitas Prabowo-Gibran Unggul 43,7 Persen dari Paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. (CNN Indonesia)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Hasil survei terbaru yang dirilis Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menyatakan elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul atas dua pasangan calon lainnya di Pilpres 2024.

Dalam survei itu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di urutan kedua mengungguli Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Tingkat elektabilitas pasangan Anies-Muhaimin 26,1 persen, Prabowo-Gibran 43,7 persen, dan Ganjar-Mahfud 19,4 persen," mengutip rilis survei CSIS yang disiarkan secara daring, Rabu (27/12/2023).

Sebanyak 6,4 persen responden masih merahasiakan pilihannya. Sedangkan, sebanyak 4,5 persen tidak menjawab atau tidak tahu.

Prabowo-Gibran hampir unggul di semua provinsi besar. Dia hanya kalah di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta dari Ganjar-Mahfud.

Dalam survei tersebut, jumlah pemilih AMIN besar di tiga wilayah masing-masing Jakarta, Sumatera, dan Banteng. Meski masih di bawah Prabowo-Gibran, AMIN unggul jauh atas Ganjar-Mahfud.

Survei CSIS dilakukan dengan metode wawancara tatap muka pada 13-18 Desember 2023 terhadap 1.300 responden yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Margin of error survei kurang lebih 2,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Keunggulan Anies-Muhaimin atas Ganjar-Mahfudjuga terpotret dalam survei Litbang Kompas. Elektabilitas Ganjar-Mahfud 15,3 persen, berada di bawah Anies-Muhaimin yang memiliki elektabilitas 16,7 persen.

Urutan pertama pemilik elektabilitas tertinggi adalah dalam hasil survei Litbang Kompas adalah paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan 39,3 persen.

Hasil survei Polling Institute pun menyatakan elektabilitas Anies-Muhaimin unggul atas Ganjar-Mahfud. Elektabilitas Anies-Muhaimin sebesar 22,6 persen, sementara Ganjar-Mahfud 20,5 persen.Prabowo-Gibran di posisi teratas dengan 46,1 persen.

Berbeda dengan Polling Institute, hasil survei Indikator Politik menyebut Ganjar-Mahfud berada di urutan kedua. Pasangan itu punya elektabilitas 24,5 persen. Sementara itu, Anies-Imin (AMIN) menempati posisi buncit dengan elektabilitas 21, persen.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha