Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Surat Suara Pilpres dan Pileg 2024 Sudah Sampai di Bintan
Oleh : Syajarul Rusydy
Kamis | 21-12-2023 | 15:44 WIB
AR-BTD-5105-KPU-Bintan.jpg Honda-Batam
Anggota Komisioner KPU Bintan, Helianto, saat menyambut kedatangan surat suara Pemilu 2024 di Pelabuhan Sei Kolak Kijang, Kamis (21/12/2023). (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Surat suara Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada Februari 2024 mendatang, yang diangkut menggunakan kapal laut, sudah tiba di Pelabuhan Sei Kolak Kijang, Kabupaten Bintan pada Kamis (21/12/2023).

Anggota Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Bintan, Helianto, menyampaikan logistik yang baru datang ini adalah jenis surat suara. Ada 5 jenis surat suara, di antranya suarat suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

"Kemudian surat suara untuk DPD, DPR RI, DPRD Kepri II dan surat suara untuk DPRD Bintan. Total keseluruhan berjumlah 123.355 dan dilebihkan 2 persen," beber Helianto di Pelabuhan Sei Kolak Kijang.

Untuk penyedia logistik ini adalah PT Mancanan Jaya Cemerlang di Kelaten. Kemudian, surat suara itu diangkut menggunakan kapal laut dari Tanjung Priok hingga sampai ke Pelabuhan Sei Kolak Kijang.

"Logistik Bintan datang bersama logistik Tanjungpinang," sebut Helianto.

Lanjut Helianto, surat surata ini lansung dibawa dengan pengawalan personel Polres Bintan ke Gudang KPU di Ceruk Ijuk, Kecamatan Toapaya. "Di sana (Gudang KPU Bintan) nanti baru kita sortir. Nah yang dilebihkan 2 persen itu untuk cadangan jika ada ada yang rusak," tutupnya.

Editor: Gokli