Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

AFC Resmi Gunakan Teknologi Offside Semi-Otomatis di Piala Asia 2023
Oleh : Redaksi
Selasa | 19-12-2023 | 19:36 WIB
Piala-Asia-2023.jpg Honda-Batam
Piala Asia 2023 Qatar.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi menggunakan teknologi offside semi-otomatis (SAOT) di Piala Asia 2023 (2024). Teknologi ini akan diterapkan pada seluruh pertandingan mulai 12 Januari hingga 10 Februari mendatang.

AFC memastikan bakal menggunakan SAOT sejak pertandingan babak penyisihan sampai ke partai final. AFC mengklaim teknologi ini pertama kali dipakai di kompetisi resmi level benua dalam sejarah sepak bola.

"Ini merupakan pertama kalinya SAOT akan digunakan di kompetisi AFC sekaligus menjadikan AFC sebagai konfederasi pertama di sepak bola dunia yang memakai sistem tersebut dalam lingkup turnamen tim nasional putra level kontinental," tulis pernyataan AFC di situs resmi, Selasa (19/12/2023).

Sistem SAOT nantinya akan menggunakan 12 kamera khusus yang dipasang di titik strategis untuk melihat lebih jelas posisi pemain serta bola di lapangan. Alhasil bagian tubuh yang dianggap offside dapat terlihat dengan kamera khusus ini.

Ketika momen yang dianggap sebagai offside terjadi, teknologi SAOT bakal membantu menyajikan sudut gambar yang lebih presisi untuk ditunjukkan melalui gambar tiga dimensi.

Gambar tiga dimensi itu akan ditampilkan di layar lebar tribune stadion dan tayangan televisi. Sehingga penonton bisa ikut memerhatikan proses pengambilan keputusan oleh wasit.

AFC menyatakan sistem SAOT sudah sesuai acuan FIFA yang disetujui oleh IFAB. Teknologi ini diharapkan dapat membantu kinerja wasit untuk mengambil keputusan yang lebih tepat.

Selain SAOT, Piala Asia 2023 juga akan menerapkan teknologi VAR secara penuh dari babak penyisihan hingga partai final. Sebelumnya uji coba VAR sudah dilakukan di Piala Asia 2019 ketika diterapkan sejak perempat final.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha