Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kemenag Jadikan Candi Prambanan Pusat Ibadah Hindu Dunia
Oleh : Redaksi
Minggu | 10-12-2023 | 13:06 WIB
candi_prambanan_b.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Candi Prambanan di Jawa Tengah (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu (Ditjen Bimas Hindu) mengoptimalkan fungsi Candi Prambanan sebagai pusat ibadah umat Hindu dunia, di samping sebagai destinasi wisata.

"Umat Hindu sekarang sudah punya ruang cukup besar karena diberikan hak dalam pemanfaatan Candi Prambanan sebagai tempat ibadah, ini menjadi bukti bahwa negara hadir untuk memberikan pelayanan umat, fasilitas, dorongan motivasi kepada umat Hindu Indonesia dan dunia," tutur Dirjen Bimas Hindu Kemenag I Nengah Duija, Minggu (9/12/2023).

Keputusan pemanfaatan Candi Prambanan sebagai pusat ibadah sesuai nota kesepakatan (memorandum of understanding/MoU) yang ditandatangani empat menteri, yakni menteri agama, menteri BUMN, menteri pariwisata dan ekonomi kreatif, mendikbudristek serta dua gubernur yakni Jateng dan DIY pada 2022.

Duija menyampaikan, bagi umat Hindu di Indonesia dan dunia, penandatanganan MoU ini merupakan bentuk moderasi beragama yang menunjukkan Indonesia memiliki keragaman budaya.

"Indonesia menghargai segala keragaman, termasuk keyakinan dan kepercayaan," tutur dia.

Berbagai kegiatan keagamaan Hindu dilaksanakan di Candi Prambanan selama 2022-2026, di antaranya persembahyangan harian perorangan, kolektif, hingga persembahyangan rutin terjadwal, seperti Purnama-Tilem, Galungan-Kuningan, Tawur Agung Nyepi, Saraswati, Siwaratri, Abhiseka, Parisudha Paripurna, dan Santi Puja.

Dia mengatakan jumlah kunjungan khusus untuk persembahyangan umat Hindu pada Januari hingga 27 November 2023 mencapai 18.700 orang.

"Pada November kemarin telah dilaksanakan aksi solidaritas doa untuk Palestina yang digelar di halaman utama Candi Prambanan,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Staf Khusus Menteri Agama (Stafsus Menag) Bidang Media dan Informasi Publik Wibowo Prasetyo mengatakan, Kemenag terus mengupayakan dan memperjuangkan layanan keumatan, khususnya di Candi Prambanan.

"Prambanan sebagai pusat ibadah umat Hindu dunia menjadi salah satu legacy Gus Men (sebutan akrab Menag Yaqut Cholil Qoumas ), bagaimana umat Hindu bisa menikmati Candi Prambanan untuk sarana ibadah," katanya

Editor: Dardani