Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Turis dari 20 Negara Diusulkan Bebas Visa Masuk Indonesia
Oleh : Redaksi
Jumat | 08-12-2023 | 19:04 WIB
sandiaga_menparekraf_b_(1).jpg Honda-Batam

PKP Developer

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno (Foto: Kemenparekraf)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sebanyak 20 negara tengah dipertimbangkan oleh pemerintah untuk mendapatkan bebas visa masuk Indonesia. Saat ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, kebijakan itu masih dikaji.

Sebelumnya, hanya 10 negara ASEAN yang bisa bebas visa masuk Indonesia, yakni di antaranya Thailand, Singapura, Vietnam, Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, dan Timor Leste.

Namun, menurut Sandiaga, terdapat beberapa negara lain yang telah diusulkan memperoleh bebas visa ketika masuk Indonesia. China dan Amerika Serikat di antara yang diusulkan supaya warganya bebas visa masuk wilayah RI.

"Kemenparekraf mengajukan 20 negara dengan wisatawan mancanegara tertinggi," ungkap Sandiaga di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Politikus PPP ini mengatakan, sejumlah negara yang sudah diusulkan bebas visa masuk Indonesia antara lain, Amerika Serikat, Arab Saudi, Australia, Belanda, China, dan Jerman.

Selain itu, ada Inggris, Korea Selatan, Perancis, Jepang, Rusia, India, Selandia Baru, Spanyol, Italia, Uni Emirat Arab, dan Taiwan.

"Harapannya kita bisa tingkatkan sektor pariwisata yang targetnya Rp200 triliun tahun depan ini dengan menyasar high spender atau pariwisata berkualitas," kata Sandiaga.

Sandiaga menjelaskan, pemerintah Indonesia bakal mematangkan kebijakan bebas visa ini dalam satu bulan ke depan. Hal ini juga mempertimbangkan kemungkinan Indonesia memperoleh bebas visa dari 20 negara yang diusulkan.

"Masukan dari Bu Menlu, Pak Mendagri, tadi ada azas resiprokal dan aspek keamanan dijaga," ujarnya.

Pada 7 Juni lalu, pemerintah Indonesia menghentikan kebijakan bebas visa dari berbagai negara di dunia, kecuali 10 negara anggota ASEAN.

Indonesia jadi negara terbaru di Asia Tenggara yang mempertimbangkan membebaskan visa untuk warga China, setelah Singapura, pada Kamis (7/12) akan menerapkan bebas visa untuk wisatawan China selama 30 hari, yang akan diterapkan awal tahun depan.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha