Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lanal Karimun Gelar Upacara Hari Armada RI ke-78, di Laut Tersimpan Harapan dan Kejayaan
Oleh : Freddy
Selasa | 05-12-2023 | 19:24 WIB
Upacara-Hari-Armada1.jpg Honda-Batam
Upacara Hari Armada RI tahun 2023 Lanal Tanjung Balai Karimun. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun (TBK) menggelar upacara Hari Armada RI ke-78 tahun 2023 di Lapangan Mako Lanal, Selasa (5/12/2023).

Seluruh prajurit dan pegawai negeri sipil Lanal Tanjungbalai Karimun dengan penuh khidmat mengikuti upacara peringatan Hari armada RI ke-78 tahun 2023.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Lanal TBK diwakili oleh Palaksa Lanal TBK Mayor Laut (H) P. Panjaitan yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan amanat dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali bahwa Prajurit Jalasena memiliki kekuatan dan semangat membara, yang membuktikan bahwa keberanian dan dedikasi merupakan pondasi kokoh dalam menjaga kedaulatan laut Nusantara.

"Semangat juang yang telah ditunjukkan merupakan langkah untuk mengembalikan kejayaan maritim indonesia. Ingatlah selalu pesan Presiden RI Joko Widodo, bahwa di laut tersimpan harapan, di laut tersimpan kejayaan," ujar P. Panjaitan saat membacakan amanat KSAL.

Dengan dinamika perkembangan lingkungan Strategis saat ini, TNI AL dihadapkan pada tuntutan untuk terus meningkatkan Kemampuan dan kekuatan. Kompleksitas tantangan berupa ancaman tradisional maupun Non-tradisional menegaskan urgensi bahwa Prajurit Jalasena Armada harus adaptif dan responsif terhadap setiap potensi ancaman yang mengganggu keamanan dan kedaulatan Negara di laut.

"Oleh karena itu, keberadaan Armada yang handal tidak hanya sebagai simbol kekuatan. Namun hal ini menunjukkan komitmen TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan peran diplomasi pemerintah guna mewujudkan perdamaian dunia," ungkapnya.

Untuk menjawab tantangan tersebut perlu dilakukan upaya pembinaan kemampuan dan pembangunan kekuatan TNI AL secara holistik. Hal ini mencakup pemenuhan dan modernisasi alutsista, peningkatan fasilitas pendukung operasi, serta pengembangan manajemen operasi dan dukungan logistik dan yang lebih utama, yaitu pendidikan dan pelatihan guna mewujudkan prajurit yang profesional.

"Peringatan Hari Armada RI tahun ini merupakan wahana merefleksikan diri serta melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas dan hasil yang dicapai. Selain itu, momentum ini adalah bentuk rasa syukur kepada sang pencipta atas peran dan prestasi Armada RI dalam melaksanakan tugas sebagai garda terdepan pertahanan utama laut nusantara," terangnya.

Disampaikan juga di tahun politik ini, peran armada sangat penting dalam mendukung proses kelancaran pesta demokrasi di tanah air. TNI Angkatan Laut tidak hanya sebagai penjaga laut, namun punya peran untuk memelihara ketertiban dan keamanan nasional serta berperan aktif memastikan pemilu berjalan jujur dan adil.

"Alutsista Armada harus siap membantu pemerintah dalam pengamanan dan distribusi logistik pemilu sampai dengan pulau-pulau terpencil dan terluar," tegasnya.

Editor: Yudha