Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BMKG Ingatkan Kepri Berpotensi Terjadi Hujan dengan Intensitas Tinggi pada 3-7 Hari ke Depan
Oleh : Redaksi
Minggu | 03-12-2023 | 19:04 WIB
ilustrasi_hujan_b.jpg Honda-Batam
Ilustrasi (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi terjadi curah hujan tinggi pada tiga hari hingga tujuh hari ke depan. Potensi curah hujan tinggi itu terjadi di Kepulauan Riau (Kepri)


"Ya untuk seminggu ke depan, kalau kita pantau memang ada beberapa wilayah perlu jadi perhatian untuk tiga hari hingga tujuh hari mendatang, terdapat wilayah-wilayah yang perlu kita garis bawahi," kata Senior Forcaster BMKG Muhammad Hakiki, Minggu (3/12/2023).

Hakiki mengatakan, sejumlah wilayah yang berpotensi hujan, yaitu sebagian besar Pulau Sumatera seperti Riau, Bangka Belitung, Kepri, dan Sumatera Selatan. Di Pulau Jawa, wilayah tersebut, yaitu Banten, Jawa Barat, dan Jakarta.

"Untuk Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan sekitarnya memang berpotensi hujan sedang hingga lebat untuk tiga hari hingga tujuh hari mendatang," tutur Hakiki.

Sementara untuk wilayah timur, yaitu Pulau Sulawesi bagian selatan, tenggara, dan Sulawesi Utara. Curah hujan juga perlu diwaspadai di daerah Maluku bagian selatan, Kepulauan Aru, Tanimbar, dan Papua Tengah bagian selatan.

"Memang untuk saat ini, untuk tiga hingga tujuh hari ke depan, memang potensi hujan yang cukup tinggi kemudian memang perlu kita perhatikan," tutur dia.

Sementara itu, untuk wilayah bagian selatan, seperti Bali, Nusa Tenggara, Hakiki mengatakan meskipun sempat mengalami intensitas hujan yang cukup tinggi pada beberapa hari lalu, intensitas akan menurun untuk beberapa hari ke depan.

"Memang akan sedikit menurun tetapi perlu diwaspadai karena melihat kemungkinan untuk dua pekan ke depan kemungkinan berpotensi akan naik. Secara statistik mendekati akhir tahun, bisa cenderung wilayah selatan Indonesia akan tinggi hujan," pungkas Hakiki.

Editor: Dardani