Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penyaluran Bantuan Sosial Perlu Peran Masyarakat
Oleh : ags/ypn
Kamis | 20-09-2012 | 13:00 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kepri meminta masyarakat berpartisipasi aktif melaporkan peristiwa-peristiwa bencana atau masalah sosial lainnya guna mempercepat penyaluran bantuan yang diperlukan.


Hal itu antara lain disampaikan R.H.Effendi, Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kepri kepada sekitar 400 masyarakat Tanjungpinang dalam acara Penyuluhan Sosial, Kamis (20/9/2012).

"Kalau tidak ada laporan dari masyarakat, Dinsos tidak akan tau permasalahan yang terjadi," ujarnya.

Dia mamaparkan, berbagai bantuan Dinsos provinsi dan kabupaten/kota yang ada di Kepri terkait, Jamkesmas dan jamkesda yang dibiayai pemerintah belum terealisasi maksimal.

Karena itu dia meminta masyarakat melaporkan berbagai bencana atau masalah sosial yang terjadi seperti bencana alam, kerusakan lingkungan, pencemaran udara dan penyakit masyarakat lainnya.

"Agar segera disalurkan bantuan yang dibutuhkan masyarakat," katanya.

Dalam penyuluhan itu, tercatat sedikitnya 22 kendala yang dihadapi Dinas Sosial Provinsi Kepuluan Riau dalam melakukan pelayanan publiknya.

Selain itu, pada kesempatan itu Dinsos Kepri juga memaparkan fungsi dan tugasnya yang selama ini diyakini belum diketahui dengan baik oleh masyarakat.

"Dengan adanya sosialisai ini semoga masyarakat akan tahu tugas dan fungsi Dinsos Kepri atau kota. Jadi jika ada masalah, bisa langsung datang ke Dinsos. Kami juga berharap semua masyarakat baik di tingkat kota atau kabupaten bahkan provinsi dapat bekerjasama dalam mengatasi masalah sosial yang kerap terjadi," paparnya.