Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Aker Solutions Teken Perjanjian Magang dengan 3 Universitas Terkemuka di Indonesia
Oleh : ypn
Kamis | 20-09-2012 | 12:15 WIB

BATAM, batamtoday - PT Aker Solutions, perusahaan internasional yang bergerak di bidang jasa perminyakan, menandatangani perjanjian kerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Politeknik Batam yang bertujuan untuk menyediakan program magang kepada para mahasiswa di Indonesia, Rabu (19/9/2012).


Program magang ini sendiri akan diadakan di PT Aker Solutions (Pusat Manufaktur Surface) Batam selama 2 tahun. Berdasarkan perjanjian magang tersebut, PT Aker Solutions akan memberikan peluang on-the-job training kepada 12 mahasiswa setiap tahunnya, terutama mereka yang berasal dari fakultas teknik mesin, dimana jurusan tersebut terkait dengan bidang kerja PT Aker Solutions.

Durasi magang adalah enam bulan dan mahasiswa akan mendapatkan pengalaman berharga yang akan membantu mereka mendapatkan pengetahuan untuk dapat masuk ke industri minyak dan gas.

"Para mahasiswa ini kemudian juga akan dipertimbangkan untuk menjadi karyawan tetap PT Aker Solutions ketika mereka lulus nanti, tentunya jika ada posisi pekerjaan tersedia," ungkap Mike Lussier, General Manager PT Aker Solutions Batam.

"Kita bertujuan untuk menjadi pilihan untuk masyarakat di mana kita beroperasi dan program ini hanya salah satu cara kita untuk berusaha menjadi perusahaan yang baik di Indonesia," tambahnya.

Menurutnya, training tersebut adalah untuk mengeskpose para mahasiswa untuk praktek langsung di industri dan juga merasakan lingkungan kerja yang nyata sejak dini, sehingga mereka akan lebih dapat beradaptasi pada saat mereka memasuki bursa kerja yang sesungguhnya.

"Sebagai perusahaan global dengan fasilitas manufaktur kelas dunia di Batam, kami merasa bahwa kami dapat meningkatkan pengetahuan mengenai minyak dan gas kepada para mahasiswa Indonesia dan membuat mereka sebagai tenaga kerja yang lebih baik di industri ini," ujar Mike.

Mahasiswa dari ITB dan UGM yang melakukan program ini, kata Mike, akan diberikan akomodasi dan tiket pesawat (PP) karena kedua universitas tersebut tidak terletak di Batam. Selain itu, para mahasiswa magang akan dibayarkan gaji yang sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan setempat.

PT Aker Solutions mengoperasikan pusat manufaktur produk surface di Batam, Indonesia, yang telah beroperasi sejak tahun 1992, dan mengalami ekspansi besar pada tahun 2009. Kami melakukan ekspansi terhadap kapasitas kami sebesar lebih dari 50 persen," katanya. 

PT Aker Solutions yang mempekerjakan 415 karyawan sangat menekankan pada pelatihan dan pengembangan bakat para karyawannya. Dari 415 karyawan, 98 persen diantaranya merupakan warga negara Indonesia, dengan beberapa posisi pemegang posisi kunci manajemen.

"Sebagai pusat manufaktur pasokan produk surface, kami melayani perusahaan-perusahaan minyak dan gas secara global," papar Mike Lussier.