Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Pemilu 2024, Saka Pramuka Adhyasta Kwarcab Karimun Resmi Dikukuhkan
Oleh : Freddy
Jum\'at | 24-11-2023 | 15:52 WIB
Saka-Adhyasta-Pramuka.jpg Honda-Batam
Pelantikan dan pengukuhan Saka Pramuka Adhyasta Kwarcab Karimun, Jumat (24/11/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pengurus Satuan Karya (Saka) Pramuka Adhyasta Pemilu Tingkat Kwartir Cabang Kabupaten Karimun secara resmi dilantik dan dikukuhkan Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Karimun, Anwar Hasyim, Jumat (24/11/2023).

Pelantikan yang dilaksanakan di Sekretariat Kwarcab Pramuka Kabupaten Karimun dihadiri langsung Ketua Bawaslu Karimun, Muhammad Iskandar; Anggota Bawaslu Karimun, Eko Purwandoko, serta Koordinator Sekretariat Bawaslu Karimun, Azim.

Muhammad Iskandar menyampaikan, Saka Adhiyasta Pemilu, sebagai bagian dari Bawaslu yang memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga integritas dan kelancaran pelaksanaan demokrasi di negeri ini.

Lanjutnya, dengan semangat kebersamaan dan dedikasi tinggi, Saka Adhiyasta Bawaslu diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam menciptakan pesta demokrasi yang adil, bersih, dan berintegritas.

Ia menjelaskan, berdasarkan kesamaan tujuan dalam menciptakan masyarakat Indonesia yang demokratis, maka Bawaslu Karimun membentuk Satuan Karya (Saka) Adhyasta Pemilu sebagai bagian dari Gerakan Pramuka di Kabupaten Karimun.

"Bawaslu percaya dengan terbentuknya Saka Adhyasta Pemilu di Karimun, maka peran pengawasan Pemilu nantinya akan lebih maksimal bersama kakak-kakak Gerakan Pramuka," ungkap Muhammad Iskandar.

Untuk itu, kata Ketau Bawaslu, dibentuklah tiga Krida yang terdiri dari Krida Pengawasan, Krida Pencegahan dan Krida Penanganan Pelanggaran. "Ketiga Krida inilah yang akan menjadi bagian pengawasan partisipatif dalam setiap pelaksanaan Pemilu/pemilihan," jelasnya.

Menurut dia, Saka Adhyasta Pemilu akan bersama-sama menjaga rumah besar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), mendidik masyarakat dalam bidang kepemiluan/pemilihan, melakukan pencegahan pelanggaran Pemilu, dan mendorong terciptanya demokrasi yang mensejahterakan seluruh komponen bangsa serta negara sesuai Jiwa Tri Satya dan Dasa Dharma.

Melalui kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan, Saka Adhiyasta Bawaslu diharapkan juga mampu mengembangkan pemahaman, keterampilan, dan sikap positif yang diperlukan dalam menjalankan tugas-tugas pengawasan yang begitu strategis ini.

"Marilah kita bersama-sama mendukung mereka agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus yang handal dalam menjaga demokrasi di Tanah Air," tutup Ketua Bawaslu Karimun.

Editor: Gokli