Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Suryatati Manan Lepas 213 JCH Tanjungpinang
Oleh : chr/ypn
Rabu | 19-09-2012 | 21:47 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Sebanyak 213 Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Tanjungpinang 1433 H/2012 M yang terdiri dari 85 orang laki-laki dan 128 orang wanita dilepas keberangkatannya ke tanah suci oleh Wali Kota Tanjungpinang Suryatati A Manan di Aula Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, Selasa (18/9/2012).


Dalam sambutannya, Suryatati mengatakan dalamrangka menyukseskan keberangkatan dan pemulangan JCH tahun ini, Pemerintah Kota Tanjungpinang sudah melakukan berbagai macam persiapan termasuk pembekalan jama’ah melalui manasik haji.

"Selain itu juga sudah dilaksanakan pemeriksaan kesehatan melalui Dinas Kesehatan sejak tanggal 4-6 september lalu. Dari hasil pemeriksaan tersebut, 13 orang JCH  berisiko tinggi perlu pengawasan dikarenakan sudah berusia lanjut dan ada pula yang mengidap penyakit kronis," ujarnya.

Dari data JCH kota tanjungpinang tahun ini, usia JCH Usia 71 tahun keatas terdapat 16 orang, usia 61-70 tahun sebanyak  51 orang, usia 51-60 tahun 80 orang, usia 41-50 tahun 49 orang, usia 31-40 tahun 14 orang dan usia 21-30 tahun sebanyak 3 orang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang Abu Sofyan mengatakan, dokumen jamaah haji Kota Tanjungpinang yang akan diberangkatkan itu sudah dipersiapkan dan sudah diserahkan kepada jamaah.

Pada 20 September 2012 sekitar pukul 8.30 Wib para Jamaah akan diberangkatkan melalui Pelabuhan International Tanjungpinang menuju ke Embarkasi Batam yang tergabung dengan kloter pertama.

Kloter pertama  terdiri dari 5 rombongan yaitu  Tanjungpinang, Lingga sebanyak 56 orang, Batam 45 orang, Bintan 60 orang, Natuna 70 orang dengan ketua kloter Yusuf, sedangkan tim pemandu ibadah H. Muhammad Safii didampingi tim pemandu haji daerah Sunario S.Ag.

Sementara itu Wali Kota Tanjungpinang mengatakan bagi JCH  yang pertama sekali menunaikan ibadah haji ada rasa ingin cepat berangkat, bagi yang sudah pernah merupakan kerinduan luar biasa ingin kembali ke tanah suci Mekkah.

“Kita berharap dan berdoa jemaah calon haji dapat berangkat dengan lancar, dapat menunaikan semua ibadah dan kembali juga dalam kondisi sehat dan lancar pula,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk menunaikan ibadah haji perlu kesiapan fisik, sehat, kuat, kesiapan mental dan dengan manasik haji yang sudah dilakukan 15 kali mulai tingkat kecamatan, kementerian agama, hingga tingkat kota dan juga secara mandiri oleh JCH dapat menambah ilmu para jamaah sebagai bekal ke tanah suci.

"kepada jemaah calon haji Kota Tanjungpinang kami juga berharap agar dapat menjaga kekompakan antar jamaah, perlu saling tolong menolong dan mengingatkan di tanah suci sehingga semua dapat berjalan lancar," katanya.