Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kejutan Besar, Uzbekistan Singkirkan Inggris di Babak 16 Besar Piala Dunia U-17
Oleh : Redaksi
Rabu | 22-11-2023 | 18:12 WIB
PildunU17-Inggris-Tersingki.jpg Honda-Batam
Uzbekistan Singkirkan Inggris di Babak 16 Besar Piala Dunia U-17 2023. (CNN Indonesia)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Timnas Uzbekistan U-17 secara mengejutkan menyingkirkan Inggris dengan skor 2-1 pada babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta International Stadium (JIS), Rabu (22/11/2023) sore WIB.

Uzbekistan yang tidak diunggulkan di luar dugaan bisa unggul cepat atas Inggris pada menit keempat.

Gol ini bermula dari bola muntah tendangan Lazizbek Mirzaev yang tidak sempurna ditepis kiper Tommy Setford. Bola muntah bergerak liar ke arah gawang dan Amirbek Saidov bisa memenangi duel udara dengan pemain lawan untuk menggetarkan gawang Inggris.

Inggris merespons gol cepat yang dicetak Uzbekistan. Sejumlah tekanan dilancarkan para pemain Inggris untuk mencetak gol penyama kedudukan.

Inggris mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol pada menit ke-35. Sam Amo-Ameyaw melakukan aksi individu yang dilanjutkan dengan tendangan yang masih terlalu lemah sehingga mudah ditangkap Muhammadyusuf Sobirov.

Satu menit berselang, anak asuh Ryan Garry bisa menyamakan kedudukan jadi 1-1. Umpan terobosan Chris Rigg mengarah ke Joel Ndala yang dengan tenang melepaskan tembakan ke tiang jauh yang memperdaya Sobirov.

Pada menit ke-41, Inggris nyaris berbalik unggul 2-1 andai Matty Warhurst tidak membuang peluang emas. Tendangan Warhurst yang tidak terkawal dari dalam kotak penalti malah mengarah ke Sobirov.

Warhurst mendapatkan peluang berikutnya hanya dua menit berselang. Kali ini tembakan keras dilepaskannya dari luar kotak penalti yang masih berada tipis di atas mistar gawang Uzbekistan.

Uzbekistan baru bisa merespons tekanan Inggris pada masa injury time babak kedua. Tembakan spekulasi dilepaskan Dilshod Abdullaev yang belum membahayakan gawang lawan.

Aksi individu diperlihatkan Amo-Ameyaw yang diakhiri dengan tendangan jarak jauh yang masih bisa digagalkan Sobirov pada menit ke-63.

Uzbekistan yang berada dalam tekanan justru bisa unggul 2-1 pada menit ke-67. Tendangan bebas indah dari Mirzaev bersarang ke sudut gawang tanpa mampu diantisipasi Setford.

Penyerang sayap lincah Inggris, Joel Ndala punya kesempatan untuk membuat skor jadi 2-2 andai tembakannya ke tiang jauh tidak menerpa mistar.

Inggris semakin gencar melancarkan untuk bisa mengejar ketertinggalan. Namun penyelesaian akhir yang kurang baik dan solidnya pertahanan lawan membuat Uzbekistan bisa menjaga keunggulan 2-1 hingga mendekati laga usai.

Jelang wasit meniup peluit panjang, pelatih Uzbekistan Jamoliddin Rakhmatullaev diusir wasit karena bertindak tidak sportif dengan menendang bola di area teknik saat para pemain Inggris menghampiri untuk mengambil bola tersebut.

Setelah itu, wasit meniup peluit panjang dan Uzbekistan keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1 untuk lolos ke babak perempat final Piala Dunia U-17 2023.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha