Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Begini Cara Bikin Bodi Mobil Kinclong dengan Wax
Oleh : Redaksi
Sabtu | 18-11-2023 | 16:36 WIB
bodi-mobil-kinclong1.jpg Honda-Batam
Bikin Bodi Mobil Kinclong dengan Wax. (Dok Scuto Indonesia)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Terik matahari yang menyengat, hingga guyuran air hujan akan berpengaruh ke cat di bodi mobil. Kondisi cuaca seperti hujan, panas, dan udara lembab, tentu bisa membuat kondisi mobil jadi rentan terhadap kotoran. Bila jarang dibersihkan, mobil akan mudah terkena berbagai 'penyakit' pada eksteriornya. Salah satu cara untuk membuat bodi mobil terus kinclong adalah dengan memolesnya menggunakan cairan wax.

Bagian eksterior kendaraan menjadi bagian yang terpenting. Alasannya, karena kebersihan pada bagian ini menjadi cermin pribadi pemilik kendaraan. Untuk itu menjaga dan merawat eksterior terbilang cukup penting. Langkah awal bisa dilakukan pada bodi dan cat, jangan biarkan air hujan meninggalkan noda. Segera bilas dan bersihkan setelah hujan. Poles bodi bisa melindungi cat mobil. Proses pemolesan bodi mobil juga baiknya tidak dilakukan ketika cuaca panas ataupun terkena cahaya matahari langsung.

Pemolesan sederhana bisa dilakukan dengan pengaplikasian wax cair atau Liquid Wax. Dijelaskan Scuto Indonesia, cara pengaplikasian wax cair juga tergolong mudah, cukup disemprotkan ke permukaan cat, kemudian dilap dengan rata menggunakan kain microfiber.

Dengan mengaplikasikan Liquid Wax, juga memberikan hasil wetlook pada cat mobil, sehingga tidak hanya melindungi, juga meningkatkan kilap cat mobil. Seperti lotion yang digunakan pada kulit, Liquid Wax menjaga permukaan cat kendaraan agar tidak mudah kering dan kusam.

Sementara untuk bagian kaca yang paling rentan terkena jamur kaca, bisa dibersihkan menggunakan sabun cair cuci piring. Tapi perlu diingat penggunaannya jangan sampai mengenai bodi kendaraan. Hindari penggunaan sendiri obat jamur kaca yang beredar di luar, dikarenakan kadar kimia yang beragam pada setiap produknya jika digunakan dengan tidak tepat maka dapat menyebabkan kaca terbakar atau rusak.

"Kemudian untuk jenis komponen krom, cukup bersihkan pakai air dan dilap pakai kain lembut. Jika noda masih membandel, bersihkan dengan lap microfiber dan bantuan wax atau kompon kering yang memiliki butiran halus," kata Chief Strategy Officer Scuto Indonesia Raymundus Arief.

"Selanjutnya untuk karet wiper, sebaiknya dilap untuk hilangkan debu dan kotoran. Bila karet wiper telah getas atau rusak agar diganti baru. Tabung air wiper jangan lupa dicek, pastikan tabung wiper terisi air atau wiper fluid," sambung Raymundus.

Scuto Indonesia memperluas jaringannya dengan meresmikan Scuto Global Partnership di Uni Emirat Arab (UAE) pada bulan Oktober 2023 kemarin. Scuto UAE berdiri megah sekaligus berada di Al Hayl Road - Al Hayl Industrial kota Fujairah, Uni Emirat Arab. Scuto UAE dilengkapi dengan 4 stall pengerjaan dan memiliki ruang tunggu eksklusif konsumen dengan total luas outlet 160 m2.

"Dengan peresmian Scuto UAE ini, Scuto Indonesia melihat adanya peluang dari market otomotif dan adanya permintaan dari mitra kami untuk bisa membuka cabang di Uni Emirat Arab. Atas dasar itulah kami memutuskan untuk memulai ekspansi bisnis skala global dimulai dari Uni Emirat Arab," kata CEO Scuto Indonesia Sugiarto Ongko.

Sumber: detik.com
Editor: Yudha