Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menang Telak 5-1 Lawan Kanada, Mali Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia U-17
Oleh : Redaksi
Kamis | 16-11-2023 | 19:14 WIB
Mali-Kanada1.jpg Honda-Batam
Timnas Mali U-17 kalahkan Kanada 5-1 dan lolos ke babak 16 besar. (CNN Indonesia)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Timnas Mali U-17 berhasil mendampingi Spanyol untuk memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023, Kamis (16/11/2023).

Mali memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 usai mengalahkan Kanada dengan skor telak 5-1 pada laga pamungkas Grup B di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Mali unggul dua gol lebih dulu melalui aksi individu ciamik Ibrahim Diarra di menit ke-14 dan sundulan Mohamoud Barry pada menit ke-26.

Kanada bukan tanpa perlawanan, skuad arahan Andrew Olivieri justru bermain lepas dan mampu menciptakan sederet peluang emas.

Penyerang Kanada, Kevaughn Tavernier nyaris mencetak gol pada menit ke-43. Ia berhasil melewati penjaga gawang Ibrahim Kanate namun tembakannya masih bisa diblok bek Mali.

Dua menit berselang, Kanada akhirnya sukses memperkecil kedudukan melalui tembakan jarak dekat Richard Chukwu di pengujung babak pertama. Skor 1-2 untuk keunggulan Mali bertahan hingga turun minum.

Duel sengit terjadi di babak kedua. Baik Mali maupun Kanada bergantian menebar ancaman demi mencetak gol tambahan.

Namun, Mali membuktikan diri sebagai tim terbaik di laga ini dengan mencetak tiga gol tambahan di babak kedua. Gol tersebut masing-masing dicetak Ibrahim Kanate (73'), Hamidou Makalou (77'), dan Ousmane Thiero (90').

Hasil ini membuat Mali finis sebagai juara grup dengan raihan enam poin hasil dari dua kali menang dan sekali kalah. Sementara Spanyol berhak menyandang juara Grup B dengan tujuh poin.

Di tempat terpisah, Spanyol hanya mampu bermain imbang 2-2 melawan Uzbekistan. Raihan satu poin membuka peluang Uzbekistan lolos ke fase knock out lewat jalur peringkat ketiga terbaik.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha