Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

FIFA Pastikan Stadion Piala Dunia U-17 di Indonesia Naik Level
Oleh : Redaksi
Selasa | 14-11-2023 | 16:36 WIB
stadion-si-Jalak11.jpg Honda-Batam
Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - FIFA memastikan seluruh stadion dan lapangan latihan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia sudah sesuai harapan otoritas sepak bola dunia itu.

"Semenjak pembukaan Piala Dunia U-17 2023, keempat stadion di empat kota di tanah air telah menjamu 24 tim negara peserta dengan baik. Tak hanya itu, performa stadion telah berhasil naik level ke taraf yang diharapkan, yakni level penyelenggaraan turnamen internasional," tulis FIFA dalam rilis resmi LOC Piala Dunia U-17 2023, Selasa (14/11/2023).

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Stadion Manahan, Si Jalak Harupat dan Jakarta International Stadium (JIS) sudah menggelar pertandingan Piala Dunia U-17. Sejauh ini FIFA puas dengan keempat stadion dan lapangan latihan yang disediakan Indonesia.

FIFA bahkan memuji Stadion Si Jalak Harupat yang kondisi lapangan tetap prima meski diguyur hujan deras saat laga Jepang vs Polandia pada Sabtu (11/11).

"Sebagian stadion bahkan sudah diuji dengan perubahan cuaca. Stadion Si Jalak Harupat didera hujan deras saat pertandingan pembuka antara Jepang dan Polandia. Meski demikian, kendala cuaca ini tak menjadi halangan terselenggaranya pertandingan hingga tuntas."

"Kualitas baik di semua lapangan di turnamen piala dunia U-17 [lapangan pertandingan maupun Latihan] dicapai berkat kerja paripurna dari para manajer lokal lapangan dan penjaga rumput lapangan. Pencapaian ini tak lepas dari arahan dan dukungan tim manajemen lapangan FIFA yang selalu memastikan kondisi terbaik lapangan di setiap penyelenggaraan pertandingan," tulis pihak FIFA.

Lebih lanjut FIFA menyebut hingga saat ini tidak ada keluhan dari tim peserta Piala Dunia U-17 2023. Tim peserta juga memuji Indonesia sebagai tuan rumah.

"Mereka menyatakan kepuasannya atas kualitas lapangan, baik di stadion pertandingan maupun di tempat Latihan. FIFA juga telah mengungkapkan kepuasannya atas pencapaian ini serta mengapresiasi segala usaha PSSI dan pemerintah Indonesia yang telah memenuhi segala tugas dan standard renovasi semua stadion, termasuk untuk JIS," tulis pihak JIS.

Sementara itu Senior Pitch Management Manager FIFA, Alan Ferguson, mengatakan stadion dan lapangan latihan Piala Dunia U-17 2023 bisa jadi warisan penting untuk pengembangan sepak bola Indonesia.

"Pemeliharaan rumput lapangan di semua stadion, pemotongan rumput dengan ketinggian yang tepat serta penggunaan mesin pengelolaan rumput, yang merupakan hal baru bagi Indonesia, tak hanya membuat turnamen ini lebih baik tapi juga menghasilkan warisan terbaik melalui wadah stadion-stadion berkelas dunia," ucap Ferguson.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha