Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Selama Musim Haji, Hang Nadim Beri Layanan 24 Jam
Oleh : ali/dd
Selasa | 18-09-2012 | 18:27 WIB

BATAM, batamtoday - Sepanjang musim haji 2012, Bandara Hang Nadim Batam akan membuka pelayanan selama 24 jam. Hal demikian dilakukan sebagai komitmen pihak bandara kepada jamaah calon haji embarkasi Batam.


"Penerbangan haji tahun ini jadwalnya malam, hanya satu kloter saja pagi, makanya kita buka pelayanan 24 jam untuk antisipasi peristiwa yang tidak diinginkan," kata Setyo Utomo Kabid Operasi Darat (Opsda) Hang Nadim, Batam, Selasa (18/9/2012).

Dijelaskannya, pembukaan layanan 24 jam ini dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya penundaan penerbangan (delay), kerusakan pesawat, maupun masalah teknis lainnya yang menyebabkan penumpang lama menunggu, atau pesawat kembali lagi ke Hang nadim akibat kerusakan atau cuaca (return to base/RTB) dan perbaikan pesawat.
 
"Jika terkjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kita telah siap antisipasi selama bandara dibuka selama 24 jam. Intinya bandara ini merupakan tempat pelayanan penerbangan sehingga, kita ingin memberikan yang terbaik untuk para jamaah calon haji," ujar Setyo Utomo.

Selain itu, manajemen Banda Hang Nadim juga membebaskan biaya penumpang domestik, dimana pada tahun 2011 lalu dibebankan kepada jamaah calon haji sebesar Rp80 ribu per orang.

Hal tersebut sesuai dengan komitmen seluruh komponen haji ketika kunjungan M Ali, perwakilan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Brunei dan Singapura saat mengecek Bandara Hang Nadim dan Embarkasi.

"Jika semua pihak komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk para jamaah calon haji, baik itu dari panitia, bandara, maupun pihak Arab Saudi," ungkapnya.

Dia juga menambahkan pihak Arab Saudi telah mempersiapkan 12 pesawat Boeing 747 seri 400 untuk mengangkut jamaah calon haji Indonesia pada tahun ini. Serta lima pesawat cadangan yang ditempatkan di tiga embarkasi, yakni Jakarta, Surabaya serta Batam.

Selain pelayanan buka 24 jam dan kemudahan lainnya untuk jamaah haji, menurutnya, Bandara Hang Nadim juga sudah mempersiapkan ruang tunggu, serta parkir kendaran khusus jamaah calon haji.

"Kita siapkan tempat tersendiri bagi jamah dari luar kota seperti halnya Natuna, Jambi, Kalimantan dan kota lainnya. Ketika turun dari pesawat langsung dijemput bus ke embarkasi, tidak perlu melewati terminal kedatangan seperti penumpang domestik lainnya," tuturnya.