Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PNMHII ke-35 di UMRAH Tanjungpinang Bahas Isu Strategis Kemaritiman dan Perbatasan
Oleh : Devi Handiani
Sabtu | 11-11-2023 | 14:05 WIB
Pitaloka.jpg Honda-Batam
Ketua Pelaksana PNMHII ke-35 UMRAH Tanjungpinang, Nurul Diah Pitaloka. (Foto: Devi Handiani)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Mahasiswa Hubungan Internasional Indonesia menggelar Pertemuan Nasional ke-35 di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang pada Jumat (10/11/2023).

PNMII ke-32 tahun 2023 ini membahas isu strategis kemaritiman dan perbatasan, terutama isu Laut China Selatan di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri.

"Selain itu kita juga membahas tentang human trafficking dan imigran, kalau yang lainnya sedang membahas tentang isu-isu kontenporer, sedangkan kita sendiri punya ciri khas tentang kemaritiman dan perbatasan, jadi itu yang memang ingin kami angkat dan membawa teman-teman ke sini," kata Ketua Pelaksana PNMHII ke-35, Nurul Diah Pitaloka.

Pita, sapaan akrabnya, menyampaikan jumlah peserta sekitar 110 delegasi dari enam presidium wilayah yang ada di Indonesia. Mereka Mahasiswa Hubungan Internasional yang ada di kota-kota besar dan sebagian besar dari mereka mungkin belum pernah merasakan suasana di daerah pesisir atau kepulauan.

"Selama saya melakukan fitting, saya banyak melakukan kegiatan pariwisata dan juga mempromosikan kebudayaan Melayu yang masih belum banyak diketahui masyarakat dan kita juga termasuk daerah pariwisata terbesar ke-3 setelah Bali dan Jakarta," kata dia.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini bisa memperluas lagi ilmu pengetahuan soal kebudayaan dan kami juga berharap agar wisatawan yang datang ke Kepri ini bukan hanya dari wisatawan luar negeri, tetapi lokal juga," tutupnya.

Editor: Gokli