Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wabup Bintan Buka Turnamen Pencak Silat Teksas Cup IV di Taman Kota Seri Kuala Lobam
Oleh : Harjo
Jum\'at | 10-11-2023 | 13:08 WIB
Teksas-Cup-IV.jpg Honda-Batam
Wakil Bupati Bintan, Ahdi Muqsith, saat membuka Turnamen Pencak Silat Teksas Cup IV di Taman Kota Seri Kuala Lobam, Jumat (10/11/2023). (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Wakil Bupati Bintan, Ahdi Muqsith, membuka secara resmi turnamen pencak silat Teksas IV di Taman Kota Seri Kuala Lobam, Jumat (10/11/2023).

Ahdi Muqsith menyampaikan, pencak silat adalah salah satu warisan dari leluhur, yang masuk dalam adat budaya bangsa, sehingga menjadi indentitas Bangsa Indonesia.

"Sudah seharusnya, pencak silat dikembangkan dan diajarkan kepada anak usia dini, demi menjaga dan melestarikannya. Karena melalui pencak silat dapat mengangkat harkar martabat bangsa," ujarnya.

Ia menapresiasi penyelengaraan turnamen pencak silat Teksas Cup IV oleh Desa Teluk Sasah. Karena turnamen yang dilaksanakan sebagai tempat atau ajang adu bakat di Bintan.

Selain itu, sebagai indikator pembinaan cabang olahraga pencak silat di Kabupaten Bintan. Namun dalam pelaksanaannya harus dibarengi dengan semangat untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, serta ajang untuk saling mengenal dan memperkaya khasanah pencak silat.

Sementara itu, Kepala Desa Teluk Sasah, Suhairy, menyampaikan turnamen pencak silat Teksas Cup, sudah menjadi agenda tahunan. Di mana tahun ini, adalah pelaksaan Teksas Cup ke-4.

Turnamen ini juga menjadi salah satu tempat mengasah dan menjaring bakat atlet pencak silat mulai usia dini. Sehingga, melalui ajang ini munculnya atlet yang berprestasi dengan harapan, ke depannya bisa mengharumkan nama daerah, bangsa dan negaranya.

"Melalui ajang ini, diharapkan munculnya bakat-bakat atlet pencak silat muda yang berprestasi," harapnya.

Dalam pembukaan turnamen pencak silat Teksas Cup IV, Wakil Bupati Bintan secara simbolis menyerahkan medali kepada atlet pencak silat berprestasi, serta menyaksikan penampilan seni pencak silat di bawah asuhan Desa Teluk Sasah.

Pembukaan turnamen ini turut dihadiri Kadispora, Kadinkes, Camat Seri Kuala Lobam, perwakilan TNI/Polri, KONI Bintan, serta ratusan peserta bersama seluruh pelatih dari perguruan pencak silat (PPS).

Editor: Gokli