Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Airlangga akan Umumkan Gibran Jadi Kader Golkar Besok
Oleh : Redaksi
Minggu | 05-11-2023 | 17:33 WIB
airangga_gibran_b.jpg Honda-Batam
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua DPP Golkar, Dave Laksono, buka suara soal isu bakal cawapres pendamping Prabowo Subianto, Gibran Rakabuming Raka, akan bergabung menjadi kader partainya.

Dave tak membantah kabar Gibran akan diumumkan sebagai kader dalam perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-59 Partai Golkar, Senin (6/11/2023) besok.

Ia hanya menyebut Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto yang akan menyampaikannya besok. "Tunggu besok Ketum (Airlangga Hartarto) yang sampaikan ya," kata Dave, Minggu (5/11/2023).

Dave enggan berbicara jauh saat ditanya lebih lanjut soal bergabungnya putra sulung Presiden Joko Widodo itu. Namun, ia menyebut Jokowi akan hadir dalam acara HUT partainya.

"Besok kami akan melaksanakan perayaan HUT di DPP Golkar, di Slipi. Presiden terjadwal akan hadir," ujarnya.

Sementara Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan Gibran dan Jokowi dijadwalkan hadir dalam acara HUT partainya tersebut besok. "InsyaAllah," kata Doli singkat.

Kabar Gibran telah menjadi kader Partai Golkar sebelumnya disampaikan Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto. Gibran saat ini masih menjabat wali kota Solo.

Hasto mengungkapkan Gibran sudah bukan lagi menjadi bagian keluarga besar PDIP setelah dicalonkan menjadi bakal cawapres mendampingi Prabowo di Pilpres 2024.

Menurutnya, Gibran sudah mengirimkan surat pengunduran diri, sehingga secara etika politik terpenuhi.

"Kami sudah menerima telepon dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bahwa Mas Gibran ini di 'kuning-kan', di Golkar-kan maka otomatis Gibran karena mencalonkan bersama Prabowo sudah tidak menjadi bagian dari keluarga PDIP lagi," ujarnya.

Editor: Surya