Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rosano Beri Bonus Atlet Catur Kepri Peraih Medali Emas dan Perunggu di Porwil 2023 Pekanbaru
Oleh : Aldy Daeng
Minggu | 05-11-2023 | 15:34 WIB
rosana_catur_bonus.jpg Honda-Batam
Rosano memberikan apresiasi atas keberhasilan atlet catur Kota Batam dan Kepulauan Riau di Porwil 2023 Pekanbaru (Foto: Aldy BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebagai bapak asuh olharaga Catur, Rosano memberikan apresiasi atas keberhasilan atlet catur Kota Batam dan Kepulauan Riau (Kepri) mengukir prestasi dengan meraih medali emas dan perunggu di Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) 2023 Pekanbaru.

"Sebagai bapak asuh, saya mengapresiasi dan memberikan bonus kepada atlet catur yang meraih medali di Porwil 2023 Pekanbaru," ungkap Rosano, Minggu (5/11/2023).

Lanjut Rosano, bonus tersebut diberikan dengan tujuan agar para atlet catur Batam dan Provinsi Kepri pada umumnya semakin bersemangat. Dengan apresiasi dalam bentuk memberikan bonus itu ia berharap, ukuran prestasi untuk tingkat yang lebih tinggi semakin mudah diraih.

"Bonus itu sebagai penyemangat. Biar atlet catur kita semakin berjaya di level selanjutnya. Bonus itu akan saya kirim hari ini," jelas tokoh masyarakat Batam yang juga sebagai pencinta olahraga ini.

Dijelaskan Rosano, baginya perestasi ini merupakan prestasi yang luar biasa, sebab, hari ini merupakan hari pertama bagi atlet catur Kepri dalam berlaga, dan langsung membuktikan, bahwa atlet Kepri patut diperhitungkan di tingkat Nasional.

"Saya harap, ini menjadi penyemangat, masih ada laga selanjutnya, karena ada 18 nomor yang dipertanggungkan pada Cabor catur, dan atlet kita bisa menambah pundi-pundi Medali, khususnya cabang olahraga catur," imbuhnya.

Sementara Sekretasis Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Batam, Nurdin Simanjuntak, menyampaikan, bahwa yang meraih medali emas pada Cabor catur Porwil 2023 Pekanbaru ini adalah Hamdan Yelpi pada kelas per papan.

Lalu, untuk kelas beregu, yang meraih medali medali perunggu di catur kilat Papan adalah MN. Sahat Sitanggang, MN. Nurdin Simanjuntak, Muhammad Yunus, Hamdan Yelpi dan Asroni (Angkatan Laut).

"Capaian ini menjadi penyemangat bagi kami untuk pertandingan selanjutnya. Untuk besok, lomba catur cepat sampai hari selasa. Hari rabu catur clasik sampai hari Sabtu," ungkap Nurdin yang juga sebagai Grand Master Catur Nasional ini.

Atas prestasi tersebut, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Batam, Zulkarnain, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya. Baginya ini awal yang baik bagi atlet Batam dan Kepri pada umumnya, dengan capaian positif ini, Ia berharap menjadi penyemangat bagi atlet lainnya.

"Atas nama Pemko Batam, kami ucapkan selamat kepada ananda Hamdani Elvi peraih emas pada Cabor catur, dan tim beregu peraih Medali Perunggu. Kita berharap dengan awal yang baik ini, bisa menjadi penyemangat bagi Atlet lainnya. Tidak hanya Catur, tapi semua Cabor yang kita ikuti," ucap Zulkarnain.

Diketahui, pada laman resmi Koni Pekanbaru, rapat pelaksanaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) 2023 di Jakarta dua pekan lalu memutuskan jumlah nomor yang dipertandingkan. Yakni 144 nomor dari 10 cabor yang dipertandingkan.

"Nomor pertandingan sudah final. Ada 144 nomor," kata Wakil Ketua III KONI Riau, Khairul Fahmi, Minggu (4/6/2023).

Penetapan nomor yang dipertandingkan ini sudah diputuskan dalam rapat di Jakarta beberapa hari lalu. Kala itu rapat dihadiri KONI Pusat, KONI Riau dan pengurus pusat 10 cabor yang dipertandingkan di Porwil.

Rinciannya, atletik mempertandingkan 47 nomor, barongsai 10 momor, bola tangan 2 nomor, bola voli indoor 2 nomor, Catur 18 nomor, E-sport 5 nomor, renang 38 nomor, sepakbola 1 nomor, sepak takraw 10 nomor dan wushu 11 nomor.

Khairul mengatakan, seluruh nomor sudah sesuai dengan nomor yang dipertandingkan di PON 2024 Aceh - Sumut. "Karena kan patokannya juga PON," ujarnya.

Selain itu ia juga menegaskan nomor yang diputuskan juga sudah mengakomodir keinginan Riau yang bertindak sebagai tuan rumah Porwil 2023. Jumlah medali yang diperebutkan juga sudah diputuskan.

Total ada 454 medali yang diperebutkan terdiri dari 144 emas, 144 perak dan 166 perunggu. "144 nomor itu juga sudah mengakomodir kita," terangnya.

Editor: Surya