Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

5 Cara Menghindari Kecelakaan Beruntun
Oleh : Redaksi
Sabtu | 04-11-2023 | 17:28 WIB
ilustrasi-laka-beruntun1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi kecelakaan beruntun di jalan raya. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kecelakaan beruntun kerap kali terjadi di jalanan Indonesia. Insiden ini tidak bisa dihindari karena banyaknya faktor, dari pengemudi hingga situasi sekitar.

Pengemudi tidak perlu khawatir, sebab kecelakaan beruntun yang berakibat fatal ini bisa dihindari dengan beberapa cara. Berikut beberapa tips hindari kecelakaan beruntun.

1. Jaga jarak aman
Cara termudah adalah dengan teknik berhitung tiga detik. Harapannya, waktu 3 detik cukup untuk merespons situasi darurat seperti ketika lampu rem mobil di depan tiba-tiba menyala. Jarak aman dengan kendaraan di depan juga harus ditambah ketika laju mobil semakin cepat.

2. Ikuti aturan kecepatan di jalan
Mobil yang terlalu pelan membuat kendaraan lain di belakang sulit mengantisipasi jarak dan laju mobil. Sedangkan mobil yang terlalu kencang berpotensi menabrak kendaraan lain di depan jika gagal dikendalikan. Mengemudilah sesuai aturan dan kebutuhan, termasuk dalam memilih lajur jalan.

3. Jangan menjadi lane hogger
Lajur kanan jalan hanya untuk mendahului. Segera kembali ke lajur tengah atau kiri kalau sudah mendahului kendaraan lain. Jangan memaksakan untuk mengemudi di lajur kanan meskipun kondisinya sedang sepi. Risiko kena tabrak dari belakang sangat besar kalau diabaikan.

4. Fokus dan waspada
Mengemudi mobil adalah kegiatan penuh waktu yang tidak bisa disambi dengan aktivitas lain supaya perhatian tetap fokus dan waspada. Luaskan pandangan ke sekitar mobil untuk mengantisipasi risiko pergerakan kendaraan lain. Simpan ponsel dan persiapkan segala kebutuhan mengemudi dengan baik agar perhatian tidak terdistraksi.

5. Selalu cek spion mobil
Cek spion secara berkala membuat pengemudi dapat memantau kondisi sekitar mobil. Sehingga dapat melakukan manuver yang aman bagi kendaraan di belakang. Katakan terjadi kondisi darurat, segera lihat spion untuk memastikan mobil di belakang tidak lepas kendali mengutip keterangan Auto2000.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha