Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Prabowo-Gibran Daftar Capres-Cawapres ke KPU, Dokumen Persyaratan Dinyatakan Lengkap
Oleh : irawan
Kamis | 26-10-2023 | 09:24 WIB
prabowo_gibran_maung_b.jpg Honda-Batam
Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka resmi mendaftar ke KPU mengikuti kontestasi Pilpres 2024 (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi mendaftar sebagai calon presiden dan calon wakil presiden ke KPU. Prabowo-Gibran menjadi pasangan ketiga yang mendaftar ke KPU, setelah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Prabowo dan Gibran tiba di KPU, Jakarta pada Rabu (25/10/2023), sekira pukul 11.19 WIB, dan resmi mendaftar sebagai pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024 pada pukul 11.50 WIB, diantar para ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM), antara lain Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta.

Prabowo-Gibran yang kompak menggunakan kemerja biru muda ini datang ke KPU menggunan Jip Maung buatan Pindad berwarna coklat 4 x 4 diantar konvoi dan arak-arakan ribuan masa pendukungnya, relawan dan simpatisan.

Jip ini terlihat berbeda karena ada 2 janur kuning melengkung di belakang jip. Mobil itu dilengkapi tulisan "Bangga Buatan Indonesia" ditatakan pelat nomor di depan dan belakang.

Mobil ini dibuat di salah satu pabrik Bandung dan didesain menyerupai SUV yang bisa dipakai buat kebutuhan militer ataupun sipil.

Kemudian, kendaraan ini memiliki kemampuan manuver yang gesit dan andal untuk mendukung mobilitas penggunanya.

Selain itu, mobil buatan anak bangsa itu juga digunakan untuk mendukung operasi serta mobilisasi pertempuran jarak dekat dan jelajah segala medan.

Dengan mengunakan mobil Maung Pindad ini, Prabowo-Gibran sempat diarak menuju Taman Suropati, sebelum sampai ke KPU, usai melakukan deklarasi di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Jakarta.

Para ketua umum partai menyusul di belakangnya dengan menaiki mobil yang sama. Tampak pula istri Gibran, Selvi Ananda berada di samping kiri sopir pada mobil kedua yang ditumpangi para ketua umum.

Usai tiba, keduanya langsung masuk ke dalam ruang transit VIP dan melakukan pengisian buku pendaftaran. Kedatangan Prabowo dan Gibran disambut oleh Sekretaris Jenderal KPU RI, Bernad Dermawan.

Prabowo dan Gibran pun kemudian memasuki ruangan pendaftaran. Mereka kemudian menyerahkan dokumen pendaftaran syarat capres cawapres kepada Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dan anggota KPU RI lainnya.

Hasyim tampak menerima dokumen persyaratan tersebut. Sesi pendaftaran ini ditutup dengan foto bersama. Hari ini merupakan hari pendaftaran terakhir capres cawapres sejak dibuka pada Kamis (19/10/2023) lalu.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menegaskan, berkas pendaftaran bakal capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sudah lengkap.

"Berdasarkan informasi dari tim di Kesetjenan KPU melalui Silon. Dokumen syarat calon dinyatakan lengkap," kata Hasyim dalam sambutannya seusai menerima berkas pendaftaran Prabowo-Gibran di Gedung KPU RI, Jakarta.

Hasyim menjelaskan, masa pendaftaran capres-cawapres Pemilu 2024 dilakukan sejak tanggal 19 Oktober 2023. Masa pendaftaran pendaftaran berakhir pada hari ini.

"Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran gabungan parpol yang hari ini mendaftrakan bakal paslon. Sebagai kita tahu, dijadwalkan pendaftaran bakal paslon adalah 19-25 Oktober 2023," ucap Hasyim.

Dalam kesempatan ini, capres Prabowo Subianto menyatakan dirinya siap mewujudkan Indonesia Emas tahun 2045. Didampingi Gibran sebagai Wapres, Prabowo meyakini, hal tersebut bakal terwujud.

"Membawa program kita, visi kita, membawa strategi kita untuk melanjutkan pembangunan. Mengantar Indonesia sampai menjadi negara yang maju dan makmur," kata Prabowo.

Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakubuming Raka ini didukung 9 partai politik Koalisi Indonesia Maju, yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN, PBB, Partai Gelora, PSI, Partai Garuda, Partai Prima, serta satu partai lokal di Aceh, yaitu Partai Aceh.

Editor: Surya